Pengertian dan Macam-Macam Motif Konsumsi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian dan Macam-Macam Motif Konsumsi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Manusia pasti selalu melakukan kegiatan konsumsi. Konsumsi sendiri adalah kegiatan manusia menggunakan hasil produksi untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, tidak semua manusia memiliki pilihan yang sama dalam mengkonsumsi barang, manusia selalu memiliki dorongan dalam mengkonsumsi barang. Dorongan inilah yang disebut sebagai motif konsumsi. Lalu, apa sajakah motif konsumsi itu? berikut adalah penjelasannya.

A.Pengertian Motif Konsumsi
Motif konsumsi adalah motif yang mendorong manusia untuk melakukan kegiatan konsumsi. Motif konsumsi tidak jauh berbeda dengan motif ekonomi. Ada beberapa motif konsumsi, berikut ini adalah penjelasannya.

B.Motif Konsumsi
Berikut adalah beberapa motif konsumis :

1.Mendapat Keuntungan
Pak Gatot membeli sepeda motor merek A dan bukan B (padahal Pak Gatot lebih menyukai motor merek B). Sepeda motor tersebut digunakan untuk pergi ke kantor. Namun, dalam pikiran Pak Gatot, jika ada orang yang bersedia membeli sepeda motor itu dengan harga yang lebih tinggi, maka ia akan menjualnya. Dengan demikian, motivasi yang mendorong Pak Gatot membeli sepeda motor merek A tersebut adalah mendapatkan keuntungan.

2.Mendapat Pengakuan
Seorang wanita ingin membeli sebuah tas. Ia memilih tas merek X, karena tas tersebut banyak dipakai oleh kalangan wanita-wanita yang mempunyai jabatan tinggi. Jadi, wanita tersebut membeli tas bukan untuk dipakai sebagai tempat saja, tetapi juga untuk mendapatkan pengakuan bahwa ia merupakan orang yang terpandang oleh masyarakat.

3.Menolong Orang Lain
Andi membeli buku pelajaran SMP cukup banyak. Andi menyumbangkan seluruh buku pelajaran tadi kepada anak-anak yang kurang beruntung. Dalam hal ini, Andi mengkonsumsi barang bukan untuk dirinya sendiri, namun untuk menolong orang lain yang membutuhkan.

4.Menaikkkan Kedudukan
Tidak lama lagi, didesa X akan dilakukan pemilihan kepala desa. Pak Mamat mengundang tokoh-tokoh masyarakat untuk datang ke sebuah pesta makan malam yang diadakan olehnya. Pak Mamat memiliki tujuan lain mengundang para tokoh masyarakat ke pesta makan malam tersebut, yaitu untuk mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat agar ia menjadi kepala desa di desa X.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Motif Konsumsi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai Konsumsi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi :
1.Suyanto dan Nurhadi. 2007. IPS EKONOMI SMP Jilid 1 Untuk Kelas VII. Jakarta: Erlangga
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar