Pengertian dan Macam-Macam Motif Ekonomi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian dan Macam-Macam Motif Ekonomi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Manusia senantiasa melakukan kegiatan ekonomi. Hal tersebut dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka mencapai kemakmuran. Kegiatan ekonomi tersebut tidak timbul begitu saja, melainkan ada sesuatu keinginan yang menjadi pendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Hal tersebut disebut dengan motif ekonomi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian danmacam-macam motif ekonomi.


A.Pengertian Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah suatu keinginan yang menjadi pendorong bagi manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi. Terdapat beberapa macam motif yang menjadi pendorong manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi, yaitu :

  1. Motif memenuhi kebutuhan
  2. Motif memperoleh laba
  3. Motif memperoleh penghargaan
  4. Motif membantu sesama manusia
  5. Motif memperoleh kedudukan

Berikut ini adalah penjelasan mengenai kelima macam motif ekonomi tersebut.

B.Macam-Macam Motif Ekonomi
Berikut adalah beberapa macam motif ekonomi :

1.Motif Memenuhi Kebutuhan
Manusia memiliki banyak sekali kebutuhan, baik kebutuhan primer, sekunder, ataupun tersier. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhannya manusia melakukan kegiatan ekonomi agar semua kebutuhannya dapat terpenuhi.

2.Motif Memperoleh Laba
Seorang siswa membeli alat tulis dari toko buku, kemudian siswa tersebut menjual kembali alat tulis dari toko buku tersebut di koperasi sekolah dengan harga yang sedikit lebih mahal dari harga beli. Dalam hal ini, siswa tersebut melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh laba. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan individu.

3.Motif Memperoleh Penghargaan
Seorang pengusaha ingin pergi ke restoran yang tidak jauh dirumahnya dan dapat ditempuh dengan jalan kaki dalam waktu 5 menit. Namun, karena dia seorang pengusaha kaya maka ia memilih untuk naik mobil dibandingkan dengan berjalan kaki meskipun jarak restoran tersebut dekat. Hal ini dilakukan pengusaha tersebut, karena merasa dirinya lebih cocok berpergian menggunakan mobil dibandingkan berjalan kaki. Pilihan pengusaha tersebut merupakan sebuah kegiatan ekonomi. Dalam hal ini, pengusaha tersebut ingin mendapatkan penghargaan dari orang-orang yang ada disekitarnya.

4.Motif Membantu Sesama Manusia
Motif ini merupakan motif yang mulia, karena merupakan keinginan untuk membantu sesama manusia. Sebagai contoh Andi akan membuka usaha bengkel baru, dimana disekitar area bengkel tersebut banyak pengangguran. Karena tergerak hatinya untuk menolong, maka ia mempekerjakan pengangguran tersebut sebagai karyawan di bengkelnya.

5.Motif Memperoleh Kedudukan
Manusia sering melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh sebuah kedudukan. Sebagai contoh, Pak Amir ingin menjadi lurah di kelurahannya, dimana ia mempunyai sebuah toko kelontong. Untuk menarik perhatian masyarakat, maka Pak Amir menjual barang-barang di tokonya dengan harga yang lebih murah dibandingkan toko lain. Hal ini dilakukan oleh Pak Amir agar masyarakat memilihnya sebagai lurah di keluarah tersebut.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Macam-Macam Motif Ekonomi. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca sekalian mengenai motif ekonomi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi :
1.Suyanto dan Nurhadi. 2007. IPS EKONOMI SMP Jilid 1 Untuk Kelas VII. Jakarta: Erlangga
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar