Mengenal Skala Mercalli dan Akibat Yang Ditimbulkan


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Mengenal Skala Mercalli dan Akibat Yang Ditimbulkan and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Gempa merupakan salah satu bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia. Hal ini diakibatkan Indonesia terletak diantara pertemuan tiga lempeng dunia, yaitu lempeng eurasia, lempeng indo-australia, dan lempeng pasifik. Selain dari pertemuan ketiga lempeng, penyebab lain mengapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi akibat banyaknya gunung api yang masih aktif di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, bahwa suatu gempa sangat berbahaya jika terjadi dengan kekuatan yang besar. Dalam mengukur kekuatan gempa digunakan beberapa skala. Skala yang paling banyak digunakan biasanya adalah skala Richter, namun selain skala Richter ada skala lain yang tidak kalah populer, yaitu skala Mercalli. Berikut ini adalah pembahasan mengenai skala Mercalli.

A.Sejarah Singkat Skala Mercalli
Pada tahun 1902, seorang ahli seismologi dan vulkanologi berkebangsaan Italia yang bernama Giuseppe Mercalli mempublikasikan makalah yang memuat 12 tingkat skala gempa bumi berdasarkan dampak yang ditimbulkan oleh gempa tersebut. Skala tersebut akhirnya dinamai sesuai dengan nama penciptanya, yaitu skala Mercalli. Skala Mercalli disusun dengan menggunakan angka romawi I sampai XII.

B.Skala Mercalli
Berikut ini adalah intensitas gempa dan dampak yang ditimbulkannya menurut skala Mercalli :


Nah, itu tadi penjelasan mengenai Skala Mercalli dan akibat yang ditimbulkan. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai Skala Mercalli. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi : 
1.Tim Abdi Guru. 2008. IPS GEOGRAFI untuk SMP Kelas VII Jilid 1. Jakarta: Erlangga
2.https://id.wikipedia.org/wiki/Giuseppe_Mercalli
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar