Pengertian, Tujuan, Pola, dan Motif Konsumsi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian, Tujuan, Pola, dan Motif Konsumsi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Konsumsi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia. Ketika seseorang membeli barang, maka ia sudah melakukan kegiatan konsumsi. Dalam melakukan kegiatan konsumsi tentu seseorang memiliki tujuan tertentu. Kegiatan konsumsi pun dipengaruhi oleh beberapa motif mengapa seseorang melakukan kegiatan konsumsi.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian, tujuan, pola, dan motif konsumsi.

A.Pengertian Konsumsi
Secara umum, konsumsi dapat diartikan sebagai kegiatan manusia menggunakan hasil produksi untuk memenuhi kebutuhannya.  KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mendefiniskan konsumsi sebagai pemakaian barang hasil produksi (bahan pakaian, makanan, dan sebagainya).

Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut sebagai konsumen. Contoh kegiatan konsumsi adalah :

  • Seorang anak yang merasa haus membeli air minum di warung terdekat
  • Ani pergi ke dokter untuk memeriksa kesehatannya
  • Sarman membeli nasi goreng di rumah makan terdekat

B.Tujuan Konsumsi
Kegiatan konsumsi dilakukan tentu memiliki tujuan tertentu. Ada 4 tujuan seseorang melakukan konsumsi, yaitu :

  1. Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap
  2. Langsung menghabiskan nilai guna barang
  3. Memuaskan kebutuhan fisik
  4. Memuaskan kebutuhan rohani

C.Pola Konsumsi
Barang dan jasa yang dikonsumsi oleh konsumen satu dengan konsumen lainnya tidaklah sama. Seorang ayah memiliki barang konsumsi yang berbeda dengan seorang ibu. Demikian pula seorang yang sama memiliki pola konsumsi yang berbeda antara sekarang dengan beberapa tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan pola konsumsi seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang :

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Tingkat pendidikan
  • Harga barang/jasa
  • Kebudayaan masyarakat sekitar
  • Jenis pekerjaan
  • Jumlah anggota keluarga
  • Pendapatan
  • Agama
  • Lingkungan tempat tinggal 
  • Gaya hidup

D.Motif Konsumsi
Dalam melakukan kegiatan konsumsi, manusia melakukan berbagai pilihan. Pilihan untuk mengkonsumsi barang atau jasa tentu tidak muncul begitu saja. Ada beberapa alasan yang mendorong seseorang untuk mengkonsumsi barang atau jasa tersebut. Dorongan tersebut disebut sebagai motif konsumsi.

Berikut ini adalah beberapa macam motif konsumsi :

1.Motif Mendapatkan Keuntungan 
Motif ini berarti, seseorang melakukan kegiatan konsumsi untuk mendapatkan keuntungan. Sebagai contoh, seorang siswa membeli pensil di toko buku dengan harga Rp1.000. Kemudian ia menjual lagi kepada temannya sehagra Rp1.500. Dalam hal ini siswa tersebut melakukan konsumsi untuk mendapatkan keuntungan.

2.Motif Mendapatkan Pengakuan 
Motif ini berarti, seseorang mengkonsumsi barang tertentu karena ingin mendapatkan pengakuan. Sebagai contoh, Pak Amir merupakan seorang pengusaha yang sedang ingin membeli sebuah mobil. Ia membeli mobil merek A karena mobil merek A sering dipakai oleh kalangan pengusaha lainnya. Dalam hal ini, Pak Amir mengkonsumsi barang karena ingin mendapatkan pengakuan bahwa dia merupakan seorang pengusaha.

3.Motif Menolong Orang Lain
Motif ini berarti, seseorang melakukan konsumsi karena ingin membantu orang lain. Sebagai contoh, Dimas membeli beberapa buku pelajaran untuk diberikan kepada anak yang kurang beruntung. Dalam hal ini, Dimas mengkonsumsi barang karena ingin menolong orang lain.

4.Motif Mendapatkan Kedudukan
Motif ini berarti, konsumsi yang dilakukan seseorang ditujukan agar ia mendapatkan kedudukan. Sebagai contoh, akan ada pemilihan lurah di kelurahan X. Ibu Ani merupakan salah satu calon lurah yang ada di kelurahan tersebut. Kemudian, ia mengundang para tokoh masyarakat untuk hadir di pesta jamuan makan malam. Ibu Ani memiliki harapan agar dengan pesta ini para tokoh masyarakat tersebut memilihnya sebagai lurah. Dalam hal ini, Ibu Ani mengkonsumsi barang untuk mendapatkan kedudukan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian, Tujuan, Pola, dan Motif Konsumsi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai konsumsi. Terima kasih telah mengunjungi blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi :
1.Suyanto dan Nurhadi. 2007. IPS EKONOMI SMP Jilid 1 Untuk Kelas VII. Jakarta: Erlangga
2.http://kbbi.web.id/konsumsi
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar