Perbedaan Jarak dan Perpindahan


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Perbedaan Jarak dan Perpindahan and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Banyak orang yang masih kurang paham dengan apa yang dimaksud jarak dan apa yang dimaksud dengan perpindahan. Keduanya adalah hal yang benar-benar berbeda. Untuk memahami lebih lanjut mengenai perbedaan antara jarak dan perbedaan, silahkan simak pembahasan dibawah ini.


Perbedaan Jarak dan Perpindahan
Jarak dan perpindahan merupakan dua hal yang benar-benar berbeda. Untuk dapat memahaminya, perhatikan contoh dibawah ini :


  • Pada gambar diatas, Ani berjalan dari titik A ke titik B sejauh 8m. Kemudian Ani berjalan lagi dari titik B ke titik C sejauh 15m. Maka jarak yang ditempuh oleh Ani adalah sejauh 8+15 = 23m. Sedangkan untuk perpindahan yang Ani lakukan adalah sejauh 17m.

Berdasarkan gambar diatas, dapat disimpulkan bahwa jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dari titik awal ke titik akhir. Dalam gambar diatas, maka Ani harus melewati lintasan A ke B kemudian lintasan B ke C. Sedangkan perpindahan adalah seberapa seberapa jauh benda berpindah dari titik awal ke titik akhir. Perpindahan dapat diukur dengan menarik sebuah garis lurus dari titik awal ke titik akhir. Dalam gambar diatas, titik awalnya adalah A sedangkan titik akhirnya adalah C.

Agar lebih mudah dalam memahami perbedaan antara jarak dan perpindahan, perhatikan contoh dibawah ini :

  • Andi bergerak ke arah kanan ke titik B sejauh 100m, kemudian Andi bergerak kembali ke arah kiri ke titik C sejauh 50m. Maka jarak yang ditempuh oleh Andi adalah sebesar 150m (100m + 50m). Sedangkan perpindahan yang dilakukan Andi adalah sebesar 50m.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Perbedaan Jarak dan Perpindahan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai jarak dan perpindahan. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar