Bagian-Bagian Sel


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Bagian-Bagian Sel and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Sel Hewan
Sel merupakan penyusun tubuh mahluk hidup yang paling kecil. Kata sel berasal dari kata cella yang mempunyai arti rongga kecil. Sel pertama kali ditemukan pada tahun 1665 oleh seorang penemu asal Britania Raya yang bernama Robert Hooke. Sel sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga untuk dapat melihatnya kita harus menggunakan alat, yaitu mikroskop.

Sel memiliki berbagai macam bentuk. Namun, dalam sel selalu terdapat 3 bagian utama, yaitu membran plasma, protoplasma, dan inti sel (nukleus). Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagian-bagian sel.

Bagian-Bagian Sel

A.Membran Plasma
Membran plasma atau sering disebut juga sebagai selaput plasma merupakan bagian sel yang paling luar. Fungsi dari membran plasma adalah untuk mengatur zat yang masuk dan keluar dari sel. Membran plasma memungkinkan gas oksigen dan makanan masuk kedalam sel, serta zat-zat sisa keluar dari sel.

B.Protoplasma
Protoplasma merupakan bagian paling penting dari sebuah sel karena bagian ini memiliki fungsi untuk mengatur semua kegiatan sel. Bagian ini berbentuk jel yang tersusun dari air, protein, karbohidrat, lemak, garam-garam mineral, dan enzim. Protoplasma terdapat didalam inti sel disebut nukleoplasma. Sedangkan protoplasma yang terdapat di luar inti sel disebut sitoplasma. Pada sitoplasma terdapat organel-organel sel.

C.Inti Sel (nukleus)
Inti sel pada umumnya memiliki bentuk bulat dan terletak pada bagian tengah sel. Didalamnya, terdapat kromosom yang berfungsi membawa sifat yang dapat diturunkan (gen). Inti sel merupakan pusat pengatur seluruh kegiatan sel.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Bagian-Bagian Sel. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai sel. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar