Pengertian Paguyuban dan Patembayan


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Paguyuban dan Patembayan and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Sejak dilahirkan, manusia sudah memiliki hasrat untuk menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya serta menjadi satu dengan lingkungan alamnya. Akibatnya, manusia menjadi saling terikat dan saling tergantung yang mendorong mereka untuk membentuk suatu kelompok sosial. Berdasarkan hubungan sosial dan tujuan, ada 2 tipe kelompok sosial, yaitu paguyuban dan patembayan. Berikut adalah penjelasan mengenai paguyuban dan patembayan.


A.Paguyuban (gemeinschaft)

1.Pengertian Paguyuban
Paguyuban merupakan bentuk kehidupan bersama dimana anggota-anggotanya memiliki hubungan batin yang kuat, bersifat alamiah, dan kekal.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mengartikan paguyuban sebagai perkumpulan yang bersifat kekeluargaan, didirikan oleh orang orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya. Contoh daripada paguyuban adalah : keluarga, kelompok kekerabatan, dan hubungan antar tetangga pada masyarakat tradisional/pedesaan.

2.Ciri-Ciri Paguyuban
Menurut Ferdinand Tonnies, paguyuban memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut :

  • Intim : yaitu hubungan menyeluruh yang mesra
  • Privat : yaitu hubungan yang bersifat pribadi, khusus untuk beberapa orang saja.
  • Ekslusif : hubungan tersebut hanya untuk kelompok pribadi dan bukan untuk orang luar.

3.Tipe Paguyuban
Paguyuban dapat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu sebagai berikut :

  • Paguyuban berdasarkan ikatan darah : yaitu kelompok yang terbentuk karena hubungan sedarah. Kelompok ini memiliki solidaritas yang kuat, karena memiliki kepercayaan bahwa berasal dari satu nenek moyang yang sama. Contoh : keluarga dan kelompok kekerabatan.
  • Paguyuban berdasarkan ikatan tempat : yaitu kelompok yang terbetuk berdasarkan lokalitas. Beberapa keluarga yang tempat tinggalnya berdekatan membentuk Rukun Tetangga (RT) yang selanjutnya dapat berkembang menjadi Rukun Warga (RW). Contoh : Rukun Tetangga, Rukun Warga.
  • Paguyuban berdasarkan pemikiran : yaitu kelompok yang terbetuk akibat beberapa orang memiliki pemikiran, jiwa, dan ideologi yang sama. Contoh : partai politik berdasarkan agama.

B.Patembayan (gesellschaft)

1.Pengertian Patembayan
Patembayan merupakan bentuk kehidupan bersama dimana di antara anggotanya terdapat ikatan lahir yang bersifat pokok, dalam jangka waktu relatif pendek.

Wikipedia mengartikan patembayan sebagai kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek. Beberapa contoh patembayan adalah : ikatan dagang, ikatan pengusaha, organisasi dalam suatu pabrik, dll. 

2.Ciri-Ciri Patembayan
Patembayan memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut :

  • Hubungan antaranggotanya bersifat formal
  • Memiliki orientasi pada ekonomi dan tidak bersifat kekal (hanya sementara)
  • Memperhitungkan nilai guna
  • Lebih didasarkan pada kenyataan sosial.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian Paguyuban dan Patembayan. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai kelompok sosial. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi : 
1.Maryati, Kun. 2007. Sosiologi untuk SMA dan MA Jilid 2. Jakarta: Esis
2.https://id.wikipedia.org/wiki/Kelompok_sosial
3.http://kbbi.web.id/paguyuban
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar