Manfaat Masyarakat Multikultural


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Manfaat Masyarakat Multikultural and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Untuk mewujudkan suatu masyarakat multikultural cukup sulit. Hal ini dikarenakan pada umumnya, sikap masyarakat cenderung primodial dan tidak adil. Padahal, jika tiap masyarakat mengetahui apa saja manfaat dari adanya masyarakat multikultural tentu untuk menciptakan suatu masyarakat multikultural tidaklah sulit. Berikut ini adalah manfaat dari masyarakat multikultural.

Manfaat Masyarakat Multikultural
Manfaat dari masyarakat multikultural perlu untuk diketahui, karena dengan ini suatu masyarakat akan memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat lain. Berikut ini adalah manfaat dari masyarakat multikultural :

  1. Menggali kearifan setiap budaya : Dengan hubungan yang harmonis antarmasyarakat, maka dapat digali kearifan yang dimiliki oleh setiap budaya, untuk mungkin dicontoh oleh masyarakat lain.
  2. Muncul sikap toleransi : Hal ini akibat dari adanya rasa penghargaan terhadap budaya lain dan merupakan syarat utama dari masyarakat multikultural.
  3. Menjadi benteng pertahanan : Masyarakat yang multikultural dapat menjadi benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya kapital yang cenderung melumpuhkan budaya yang beragam. Paham kapitalisme cenderung diskriminatif dan mengabaikan eksistensi budaya setempat.
  4. Menjadi alat untuk membina dunia yang aman dan sejahtera : Dengan multikulturalisme, bangsa-bangsa duduk bersama, saling menghargai, dan saling membantu untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Masalah yang dihadapi oleh suatu masyarakat secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh terhadap masyarakat lain pula.
  5. Mengajarkan pandangan bahwa kebenaran tidak dimonopoli : Kebenaran tidak hanya dimonopoli oleh satu orang atau kelompok saja, tetapi ada dimana-mana tergantung dari sudut pandang setiap orang. Masyarakat multikultural menganggap bahwa dengan saling mengenal dan saling menghargai budaya orang lain, dapat tercipta kehidupan yang penuh toleransi, sehingga tercipta masyarakat yang aman dan sejahtera.


Nah, itu tadi penjelasan mengenai Manfaat Masyarakat Multikultural. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai masyarakat multikultural. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi : 
1.Maryati, Kun. 2007. Sosiologi untuk SMA dan MA Jilid 2. Jakarta: Esis
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar