Ciri-Ciri Mahluk Hidup


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Ciri-Ciri Mahluk Hidup and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!



Di dunia ini, terdapat mahluk hidup dan benda tak hidup. Banyak sekali jenis mahluk hidup yang ada di dunia ini. Namun, walaupun berbeda semua mahluk hidup memiliki persamaan yang membedakannya dari benda tak hidup. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri mahluk hidup.

Ciri-Ciri Mahluk Hidup
Walaupun berbeda, semua jenis mahluk hidup memiliki persamaan yang membedakannya dari benda tak hidup. Ciri-ciri tersebut adalah : bergerak, makan, bernapas, peka terhadap rangsangan (iritabilitas), tumbuh, mengeluarkan zat sisa, dan berkembang biak. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedelapan ciri-ciri mahluk hidup tersebut.

A.Bergerak


Bergerak adalah salah satu ciri dari mahluk hidup. Dalam hal ini, mahluk hidup dapat bergerak sendiri tanpa dikendalikan oleh sesuatu. Berbeda dengan benda tak hidup yang walaupun dapat bergerak, namun tentu masih dikendalikan oleh mahluk hidup.

Manusia dan hewan tentu dapat kita lihat dengan jelas bahwa mereka semua dapat bergerak. Hampir setiap hari manusia melakukan gerakan seperti berjalan, mandi, menulis, menendang bola, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan hewan yang juga bergerak seperti berjalan, menggaruk, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan tumbuhan?

Mungkin kalian akan sedikit bingung, bagaimana dengan tumbuhan yang tampaknya tidak bergerak sama sekali? Jangan salah, tumbuhan juga bergerak namun jarang disadari oleh kita. Hal ini dikarenakan gerakan tumbuhan sangat lambat dan tidak mengakibatkan perpindahan tempat sehingga sangat sulit untuk dilihat. Tumbuhan bergerak ketika sedang tumbuh, sebagai contoh ketika akar tumbuh ke bawah menembus tanah. Ujung tunas dan daun tumbuh ke atas untuk mendapatkan udara dan cahaya matahari, dan kuncup bunga bergerak ketika mekar.

B.Makan


Setiap mahluk hidup yang ada di bumi ini tentu memerlukan makanan agar dapat bertahan hidup. Ya, salah satu ciri yang dimiliki oleh mahluk hidup adalah membutuhkan makanan. Bagaimana rasanya jika kamu seharian tidak makan? tentu badan akan terasa lemah dan lapar. Begitu pula dengan hewan.

Lalu, bagaimanakah dengan tumbuhan yang tampaknya tidak memakan apapun? sebenarnya tumbuhan juga makan, namun tidak terlihat. Tumbuhan mampu membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Untuk membuat bahan organik tersebut, tumbuhan memerlukan berbagai zat, yaitu karbon dioksida, nitrogen, dan cahaya matahari. Karbon dioksida didapatkan dari udara dan air, nitrogen didapatkan dari dalam tanah, dan cahaya matahari didapatkan dari matahari. Oleh karena itu, tanaman harus selalu disiram dan diberi pupuk agar tidak mati.

C.Bernapas


Salah satu ciri mahluk hidup lainnya adalah bernapas. Semua mahluk hidup di bumi ini pasti bernapas untuk menghirup oksigen yang kemudian akan menghembuskan karbon dioksida serta uap air. Oksigen yang dihirup ini dapat digunakan untuk proses pembakaran makanan yang disebut dengan oksidasi. Proses ini akan menghasilkan energi yang diperlukan oleh mahluk hidup.

Manusia bernapas dengan menggunakan paru-paru. Hewan memiliki berbagai macam alat pernapasan mulai dari paru-paru, insang, trakea, kulit, dan lain-lain. Lalu bagaimana dengan tumbuhan.

Tumbuhan bernapas melalui lubang-lubang kecil yang ada pada daun yang disebut stomata. Selain itu, tumbuhan juga dapat bernapas melalui lentisel yang terdapat pada batang.

D.Peka Terhadap Rangsangan (Iritabilitas)
Mahluk hidup selalu peka terhadap perubahan yang terjadi disekelilingnya. Ketika cuaca sedang panas, maka kamu akan merasa kepanasan, begitu pula sebaliknya ketika cuaca sedang dingin maka kamu akan merasa kedinginan. Rasa panas dan dingin ini, diterima oleh alat indra yang terdapat pada kulitmu.

Indra adalah alat tubuh yang peka terhadap suatu rangsangan. Hewan dan manusia dilengkapi dengan indra yang peka terhadap rangsangan sehingga manusia dan hewan dapat melihat, mendengar, mencium, mengecap, merasa, dan meraba. Mata peka terhadap rangsangan cahaya sehingga kita dapat melihat. Telinga peka terhadap getaran suara sehingga kita dapat mendengar. Hidung peka terhadap rangsangan bau sehingga kita dapat mencium. Lidah peka terhadap rangsangan rasa sehingga kita dapat mengecap rasa makanan. Kulit peka terhadap rangsangan panas atau dingin, sentuhan, tekanan, dan luka.

Lalu, bagaimana dengan tumbuhan? Meskipun tidak memiliki alat indra, namun tumbuhan juga peka terhadap rangsangan. Rangsangan tersebut bisa berupa cahaya, air, gaya tarik bumi, dan sentuhan. Sebagai contoh, daun tumbuhan putri malu akan menguncup (menutup) jika disentuh. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan juga peka terhadap rangsangan.

E.Tumbuh
Semua mahluk hidup pasti akan mengalami pertumbuhan. Sebagai contoh, apakah tinggi badanmu saat ini sama dengan tinggi badanmu 10 tahun yang lalu? tentu tidak bukan. Hal ini membuktikan bahwa kamu bertumbuh yang merupakan salah satu ciri dari mahluk hidup. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan.

Pernahkah anda memelihara anak anjing/kucing? selang beberapa tahun kemudian, anak anjing/kucing tersebut akan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ketika masih anak-anak. Hal ini juga berlaku pada tumbuhan. Pernahkah anda melihat tanaman hias dirumah anda yang masih kecil, lama-kelamaan semakin tinggi dan besar? jika iya, maka tanaman hias tadi juga bertumbuh. Hal ini membuktikan bahwa mahluk hidup bertumbuh. Berbeda dengan benda tak hidup seperti mobil yang ukurannya segitu-segitu saja.

F.Mengeluarkan Zat Sisa


Semua mahluk hidup pasti mengeluarkan zat sisa. Pada manusia, hewan, dan tumbuhan semuanya dapat membuang zat sisa salah satunya pada saat bernapas. Manusia mengeluarkan uap air dan karbon dioksida ketika bernapas oleh paru-paru. Hewan seperti ikan juga demikian melalui insang. Pada tumbuhan, zat sisa hasil pernapasan ini dikeluarkan melalui stomata dan lentisel.

Proses pengeluaran zat sisa pada tubuh mahluk hidup disebut ekresi.

G.Berkembang Biak


Ciri mahluk hidup lainnya adalah berkembang biak. Tidak seperti benda mati yang hanya terdapat satu jika tidak dibuat kembali, mahluk hidup dapat memperbanyak jenisnya dengan cara berkembang biak. Hal ini dilakukan oleh mahluk hidup agar spesiesnya tidak punah. Perkembangbiakan pada mahluk hidup dapat dilakukan secara seksual maupun aseksual.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Ciri-Ciri Mahluk Hidup. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca sekalian mengenai mahluk hidup. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
1.Sumarwan, Dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Jilid 1B Kelas VII Semester 2. Jakarta: Erlangga
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar