Pengertian, Kedudukan, dan Kegunaan Globe


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian, Kedudukan, dan Kegunaan Globe and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Salah satu media yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempelajari bumi adalah Globe. Globe sendiri berasal dari kata "globus" yang diambil dari bahasa Latin yang memiliki arti bola yang bulat. Lalu, apa pengertian globe yang sebenarnya? Berikut adalah penjelasan mengenai globe.

A.Pengertian Globe
Globe adalah tiruan bola bumi, sehingga dapat memberikan gambaran bagaimana bentuk bumi yang mendekati bentuk sebenarnya. Globe dilengkapi dengan garis lintang dan garis bujur yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, contohnya menentukan zona waktu.

Wikipedia mengartikan globe sebagai bola dunia berukuran kecil dalam bentuk tiga dimensi dengan kemiringan 66 ⅛ ° pada garis ekliptika (bidang edar bumi)dan dengan kemiringan 23 ⅛ ° dari matahari.

B.Kedudukan Globe
Globe tidak dibuat tegak lurus seperti alat/benda lain pada umumnya. Globe dibuat dengan sudut sebesar 66,5° terhadap garis ekliptika (bidang edar bumi). Hal ini disesuaikan dengan kemiringan sumbu bumi agar tampak mirip dengan bentuk bumi yang sesungguhnya.

C.Kegunaan Globe
Tidak jauh berbeda dengan kegunaan peta, globe juga dapat digunakan sebagai alat untuk menunjukkan suatu daerah atau wilayah. Namun, biasanya globe digunakan untuk rute pelayaran dan rute penerbangan, selain itu juga dapat digunakan sebagai alat peraga untuk peluncuran satelit karena bentuknya yang mirip dengan bumi. Berikut ini adalah beberapa kegunaan globe lainnya :

  1. Dapat mengetahui proses gerhana, baik untuk waktu maupun tempat terjadinya
  2. Untuk mengetahui proses perubahan musim berdasarkan perubahan posisi semu matahari terhadap bumi
  3. Untuk menghitung pembagian waktu di bumi berdasarkan garis bujur
  4. Dapat mengetahui pembagian iklim di permukaan bumi berdasarkan garis lintang
  5. Dapat digunakan untuk membandingkan luas daratan dengan luas lautan di permukaan bumi
  6. Sebagai media pergaan bentuk bimi dan rotasinya
  7. Untuk mengetahui besarnya skala nominal tentang jarak, bentuk, dan luas di permukaan bumi
  8. Untuk menentukan jenis proyeksi untuk pemetaan tempat tertentu

Ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Globe dibandingkan dengan peta ataupun atlas. Berikut adalah kelemahan daripada globe :

  1. Tidak dapat menunjukkan wilayah kecil dengan baik. Hal ini dikarenakan skala yang digunakan pada globe terlalu kecil, sehingga cukup sulit untuk melihat wilayah yang memiliki luas tidak seberapa.
  2. Globe sulit untuk dibawa kemana-mana. Hal ini dikarenakan bentuk globe yang mirip dengan bumi serta berukuran cukup besar. 

Selain terdapat kelemahan, globe juga memiliki beberapa kelebihan, yaitu sebagai berikut :

  1. Tidak seperti peta atau atlas, globe memiliki bentuk yang mirip dengan bentuk bumi yang sebenarnya
  2. Letak astronomis dan letak geografis lebih mudah dipelajari. Hal ini dikarenakan globe yang memiliki bentuk yang sama dengan bumi dan tidak terpisah-pisah seperti pada atlas.
  3. Luas wilayah daratan dan lautan dapat dilihat berdasarkan kenyataannya
  4. Pembagian iklim matahari dapat dipelajari lebih mudah dengan menggunakan globe
  5. Globe dapat menirukan rotasi bumi dan posisi bumi terhadap ekliptika. Hal ini dikarenakan, biasanya globe dibuat agar dapat diputar.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian, Kedudukan, dan Kegunaan Globe. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan bagi pembaca mengenai globe. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi :
1.Tim Abdi Guru. 2008. IPS GEOGRAFI untuk SMP Kelas VII Jilid 1. Jakarta: Erlangga
2.https://id.wikipedia.org/wiki/Globe
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar