Pengertian dan Manfaat Ilmu Ekonomi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian dan Manfaat Ilmu Ekonomi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Ekonomi bukanlah lagi sebuah kata asing bagi kita. Hampir disemua tempat kita dapat mendengar kata "ekonomi" baik di pasar, sekolah, media massa, dan lain sebagainya. Ekonomi merupakan sebuah ilmu yang patut untuk dipelajari, karena ilmu ini tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ilmu ekonomi.


A.Pengertian Ilmu Ekonomi
Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikonomia yang terdiri atas kata oikos dan nomos. oikos mempunyai arti rumah tangga, sedangkan nomos memiliki arti aturan. Jika digabungkan maka, ekonomi memiliki arti aturan rumah tangga.

Namun, ilmu ekonomi yang dimaksud disini lebih luas dari hal tersebut. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan sumber daya yang jumlahnya tidak bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Wikipedia mengartikan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam menciptakan kemakmuran.

B.Manfaat Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu yang harus kita pelajari. Hal ini dikarenakan ilmu ekonomi memiliki beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut :

  1. Ilmu ekonomi membantu kita dalam menemukan cara yang tepat untuk memanfaatkan sumber daya yang ada menjadi alat pemuas kebutuhan yang memberikan kepuasan maksimal.
  2. Ilmu ekonomi membantu kita menggunakan alat pemuas kebutuhan yang terbatas dalam kombinasi dan pilihan yang paling memuaskan.
  3. Ilmu ekonomi membantu kita untuk dapat menentukan/menetapkan urutan kepentingan kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sampai ke kebutuhan yang kurang penting. 

C.Alasan Mempelajari Ilmu Ekonomi
Ada beberapa alasan yang membuat kita harus mempelajari ilmu ekonomi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus mempelajari ilmu ekonomi :

  1. Manusia merupakan mahluk yang tidak penah habis kebutuhannya. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, manusia dapat menetapkan kebutuhan mana yang harus terlebih dahulu dipenuhi.
  2. Sumber daya yang ada jumlahnya terbatas, begitu pula kekayaan yang kita miliki. Ilmu ekonomi akan membantu dalam menentukan berbagai pilihan alternatif dengan sumber daya yang terbatas.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Manfaat Ilmu Ekonomi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai ekonomi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi :
1.Suyanto dan Nurhadi. 2007. IPS EKONOMI SMP Jilid 1 Untuk Kelas VII. Jakarta: Erlangga
2.https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_ekonomi
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar