Bagian-Bagian Sungai


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Bagian-Bagian Sungai and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Sungai merupakan salah satu keindahan alam yang tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia. Manusia sangat bergantung pada sungai terutama bagi masyarakat yang memiliki mata pencaharian yang berhubungan dengan bercocok tanam. Sungai yang kita kenal memiliki beberapa bagian, yaitu hulu, tengah, dan hilir. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagian-bagian sungai.

Bagian-Bagian Sungai
Sungai dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu hulu, tengah, dan hilir.

A.Bagian Hulu
Menurut KBBI, hulu adalah sungai bagian atas. Hulu biasanya terletak pada daerah yang relatif tinggi, dekat dengan sumber sungai, dan memiliki kemiringan yang agak terjal, sehingga kemungkinan besar akan terjadi erosi vertikal. Di hulu, hampir tidak ada tanah endapan, justru dapat terjadi erosi mundur ke arah hulu dan sungainya bertambah dalam.

B.Bagian Tengah Sungai
Bagian tengah sungai relatif lebih landai jika dibandingkan dengan daerah hulu. Pada bagian ini, erosi sungai dapat terjadi secara bersamaan baik erosi horizontal ataupun erosi vertikal. Ketika erosi horizontal lebih kuat dibandingkan erosi vertikal, maka akan mengikis dinding sungai bahkan dapat mengubah arah aliran sungai. Akibatnya, aliran sungai yang tadinya lurus menjadi berkelok-kelok atau disebut meander.

C.Bagian Hilir
Menurut KBBI hilir adalah sungai sebelah bawah atau bagian sungai sebelah muara (akhir sungai). Pada bagian ini, arus sungai cenderung lebih tenang, sehingga sering menjadi tempat endapan lumpur dan material lainnya ynag terbawa dari bagian hulu. Sifat erosi sungai di bagian hilir didominasi oleh erosi horizontal yang mendukung terbentuknya kelokan-kelokan sungai (meander) sampai terbentuk danau tapal kuda (oxbow lake).

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Bagian-Bagian Sungai. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai sungai. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi :
1.Tim Abdi Guru. 2008. IPS GEOGRAFI untuk SMP Kelas VII Jilid 1. Jakarta: Erlangga
2.http://kbbi.web.id/hulu
3.http://kbbi.web.id/hilir
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar