Pengertian, Penyebab, dan Dampak Deflasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian, Penyebab, dan Dampak Deflasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!



Deflasi merupakan kebalikan dari Inflasi. Deflasi dapat menguntungkan dan merugikan, tergantung dari sikap masyarakat terhadap deflasi yang sedang terjadi. Berikut ini adalah pengertian, penyebab, dan dampak dari Deflasi.

A.Pengertian Deflasi
Deflasi adalah suatu keadaan dimana harga-harga barang secara umum cenderung menurun dan akan mengakibatkan nilai uang naik. Deflasi merupakan kebalikan dari Inflasi.

B.Penyebab Deflasi
Deflasi dapat terjadi karena beberapa sebab. Berikut ini adalah penyebab dari terjadinya Deflasi

1.Permintaan Berkurang
Deflasi dapat terjadi, apabila permintaan barang dan jasa oleh masyarakat berkurang. Hal ini akan mengakibatkan jumlah penawaran/produksi barang lebih besar dibandingkan permintaan yang ada. Dengan banyaknya barang yang ada, maka harga barang tersebut akan menurun

2.Berkurangnya Jumlah Uang yang Beredar
Deflasi juga dapat diakibatkan karena berkurangnya jumlah uang yang beredar. Hal ini dapat terjadi jika masyarakat cenderung menabung uang yang mereka miliki di bank atau menahan uang mereka untuk menunggu harga barang semakin murah lagi. Biasanya, masyarakat menabung di bank karena tingkat suku bunga yang tinggi, sehingga akan memberikan keuntungan kepada penabung. Jika jumlah uang yang beredar lebih sedikit dari jumlah barang yang ada, maka deflasi dapat terjadi.

3.Peningkatan Produksi
Peningkatan Produksi barang dapat memicu terjadinya deflasi, jika produksi barang tersebut tidak diimbangi dengan permintaan akan barang tersebut. Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah barang yang beredar, karena tidak laku. Dengan semakin banyak jumlah barang yang beredar, maka harga dari barang tersebut juga akan semakin murah.

C.Dampak Deflasi
Deflasi dapat menguntungkan ataupun merugikan tergantung dari sikap masyarakat. Berikut ini adalah dampak deflasi

1.Meningkatkan Standar Hidup Masyarakat
Dengan menurunnya harga barang di pasaran, maka masyarakat akan semakin mampu dalam membeli barang. Hal ini dapat meningkatkan standar hidup masyarakat.

2.Aktivitas Ekonomi Melambat
Aktivitas Ekonomi akan melambat jika konsumen menahan membelanjakan uang mereka dengan harapan bahwa harga barang akan semakin turun lagi. Hal ini akan memperlambat aktivitas ekonomi yang terjadi.

3.Perusahaan Merugi
Perusahaan akan mengalami kerugian, karena masyarakat tidak mau membelanjakan uang mereka untuk membeli barang yang telah diproduksi. Akhirnya, perusahaaan tidak akan memperoleh keuntungan ataupun pendapatan karena barang tidak laku terjual yang akan membuat perusahaan tidak mampu membayar kredit mereka.

4.Pengangguran
Untuk menekan kerugian terjadi, maka perusahaan akan menurunkan biaya produksi. Salah satu cara yang dapat diambil perusahaan adalah dengan cara melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap karyawan. Jika hal ini terjadi, tentulah akan menyebabkan banyak pengganguran.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian, Penyebab, dan Dampak dari Deflasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi lebih lanjut kepada pembaca mengenai Deflasi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar