Cara Mengatasi Deflasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Cara Mengatasi Deflasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!



Deflasi yang berkepanjangan dapat membuat dampak yang buruk bagi perekonomian suatu negara. Maka dari itu, deflasi yang berkepanjangan tersebut haruslah diatas secepatnya agar dampak buruk yang terjadi dapat ditekan. Ada beberapa cara untuk mengatasi deflasi diantaranya melalui kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi deflasi.

Cara Mengatasi Deflasi
Deflasi yang berkepanjangan dapat sangat merugikan. Sebagai contoh, produsen tidak mendapatkan keuntungan ataupun penghasilan untuk membayar kreditnya ataupun membeli bahan mentah. Hal ini akan mengakibatkan produsen mengambil keputusan untuk melakukan PHK, yang akan menyebabkan pengangguran. Maka dari itu, deflasi harus diatasi. Berikut adalah cara untuk mengatasi deflasi.

A.Kebijakan Moneter

Bank Indonesia (Bank Sentral RI)
Kebijakan Moneter merupakan kebijakan untuk mengatur jumlah uang yang beredar dimasyarakat. Kebijakan Moneter ini dilakukan oleh Bank Sentral setiap negara. Di Indonesia, yang melakukan kebijakan moneter adalah Bank Indonesia. Berikut ini adalah kebijakan moneter yang dapat mengatasi deflasi.

1.Penetapan Cadangan Minimum (Reserve Requirment Policy)
Deflasi dapat diatasi dengan menurunkan cadangan minimum kas yang harus dipenuhi oleh bank umum. Dengan menurunnya cadangan minimum kas yang harus dipenuhi oleh bank umum, maka bank umum dapat menyalurkan lebih banyak uang, sehingga uang yang beredar semakin banyak dan akhirnya akan menekan deflasi.

2.Operasi Pasar Terbuka (Open Market Operation)
Deflasi dapat diatasi dengan operasi pasar terbuka yang dilakukan oleh bank sentral. Bank Sentral akan membeli surat-surat berharga di pasar uang seperti obligasi, Surat Bank Indonesia (SBI), dan Surat Berharga Pasar Uang (SPBU). Dengan membeli surat-surat berharga, maka jumlah uang yang beredar di masyarakat akan semakin banyak, dan akhinrya akan mengatasi deflasi.

3.Kebijakan Diskonto (Discount Policy)
Deflasi dapat diatasi dengan kebijakan diskonto. Bank Sentral akan menurunkan tingkat suku bunga yang ada, sehingga masyarakat akan menarik uangnya yang ada di Bank. Dengan masyarakat menarik uangnya yang berada di bank, maka diharapkan jumlah uang yang beredar akan semakin banyak, dan pada akhirnya akan mengatasi deflasi.

4.Imbauan Moral (Moral Persuasion)
Bank Sentral dapat mengatasi deflasi dengan cara melakukan imbauan moral kepada para pelaku ekonomi. Sebagai contoh, Bank Sentral menghimbau kepada bank umum agar meminjam uang lebih ke bank sentral untuk memperbanyak jumlah uang yang beredar.

B.Kebijakan Fiskal
Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang mengatur pengeluaran pemerintah dan perpajakan. Berikut ini adalah kebijakan fiskal yang dapat mengatasi deflasi

1.Meningkatkan Pengeluaran Pemerintah
Meningkatkan Pengeluaran Pemerintah dapat mengatasi deflasi, karena jumlah uang yang dikeluarkan oleh pemerintah semakin banyak. Dengan banyaknya uang yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka jumlah uang yang beredar di masyarakat akan semakin banyak. Namun hal ini harus disesuaikan dengan dana yang dimiliki oleh pemerintah.

2.Menurunkan Tarif Pajak
Deflasi dapat diatasi dengan penurunan tarif pajak. Penurunan tarif pajak akan membuat masyarakat memiliki semakin banyak uang, karena hanya membayar sedikit pajak. Dengan banyaknya uang yang dimiliki masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat sehingga deflasi dapat diatasi.

3.Mengadakan Pinjaman Pemerintah
Pemerintah dapat mengadakan pinjaman untuk mengatasi masalah deflasi. Dengan adanya pinjaman yang sudah tersedia, maka akan menarik minat masyarakat untuk membuka usaha sendiri. Hal ini akan membuat masyarakat memiliki penghasilan tambahan, yang diharapkan dapat meningkatkan tingkat konsumsi.

C.Kebijakan Rill (Non Moneter, dan Non Fiskal)
Kebijakan Rill adalah kebijakan diluar kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Berikut ini adalah beberapa kebijakan rill yang dapat mengatasi masalah deflasi

1.Menurunkan Tingkat Produksi
Deflasi terjadi karena jumlah barang melebihi jumlah uang yang beredar. Salah satu cara agar kelebihan jumlah barang dapat diatasi adalah dengan menurunkan tingkat produksi. Hal ini akan membuat barang yang beredar semakin sedikit, dan diharapkan mampu mengatasi deflasi yang terjadi.

2.Meningkatkan Upah Pekerja
Memang sulit untuk meningkatkan upah pekerja jika tidak ada pendapatan yang diterima oleh produsen. Namun, hal ini dapat mengatasi masalah deflasi. Ini dikarenakan dengan banyaknya uang yang dimiliki oleh masyarakat maka akan menambah daya beli masyarakat, dan akan memperbanyak jumlah uang yang beredar di masyarakat yang pada akhirnya mengatasi deflasi.

Nah, itu penjelasan mengenai Cara Mengatasi Deflasi. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai cara untuk mengatasi deflasi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😁



Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar