Pengertian dan Macam-Macam Pasar Keuangan


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian dan Macam-Macam Pasar Keuangan and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Bursa Efek Indonesia
Pasar Keuangan sangat berkaitan erat dengan konsep investasi. Hal ini dikarenakan, pasar keuangan merupakan tempat dimana kebanyakan investasi terjadi. Pasar Keuangan memiliki beberapa bentuk dengan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai Pasar Keuangan.

A.Pengertian Pasar Keuangan
Pasar Keuangan merupakan tempat dimana mekanisme transaksi terjadi antara pihak yang memiliki kelebihan dana, dengan pihak yang kekuranagan dana.

B.Macam Pasar Keuangan
Secara umum, Pasar Keuangan dapat dibagi menjadi sebagai berikut :

1.Pasar Aset Fisik 
Pasar Aset Fisik, sering disebut juga sebagai pasar aset nyata, ataupun pasar aset rill. Didalam pasar ini, terdapat perdagangan yang berkaitan dengan barang-barang nyata seperti mobil, komputer, motor, mesin, dan lain-lain

2.Pasar Aset Finansial
Pasar Aset Finansial, sering disebut juga sebagai pasar aset keuangan. Didalam pasar ini, terdapat perdagangan yang berkaitan dengan hal-hal seperti saham, obligasi, surat-surat berharga, klaim terhadap aset rill, dan sekuritas derivatif pada bursa komoditi

3.Spot Market dan Future Market
Kedua bentuk pasar ini, diklasifikasikan menurut waktu pengirimannya. Spot Market berarti pengirimannya terjadi on-the-spot atau hanya dalam waktu beberapa hari. Sedangkan Future Market, berarti pengirimannya terjadi di masa/waktu yang akan datang.

4.Pasar Uang
Pasar Uang merupakan turunan dari Pasar Keuangan, jadi kedua pasar ini berbeda. Pasar Uang merupakan tempat terjadinya transaksi jual-beli surat berharga dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Contoh produk pasar uang adalah SBI (Sertifikat Bank Indonesia), dan CP (Commercial Paper)

5.Pasar Modal
Tidak jauh berbeda dengan pasar uang, pasar modal-pun merupakan tempat dimana terjadinya transaksi jual-beli surat-surat berharga. Namun, bedanya jika pada pasar uang jangka waktu dari surat berharga kurang dari satu tahun, pada pasar modal jangka waktu surat berharga yang diperdagangkan lebih dari satu tahun. Contoh produk pasar modal adalah Saham, dan Obligasi.

6.Pasar Hipotik
Pasar Hipotik merupakan tempat dimana terdapat pinjaman yang berkaitan dengan tempat tinggal, real estate, lahan pertanian, dan lain-lain yang berhubungan dengan bangunan.

7.Pasar Kredit Konsumen
Pasar Kredit Konsumen merupakan tempat dimana terdapat pinjaman yang berkaitan dengan mobil, pendidikan, liburan, dan lain-lain

8.Pasar Primer (Perdana) dan Pasar Sekunder
Pasar Primer merupakan tempat untuk perusahaan menawarkan saham atau obligasi baru. Sebagai contoh, PT. Pertamina menerbitkan saham baru untuk mendapatkan modal tambahan. Penerbitan saham ini akan terjadi di pasar primer. Jika saham yang diterbitkan tadi laku, maka PT. Pertamina akan mendapatkan modal tambahan. Sedangkan, untuk saham yang sudah beredar, maka transaksi jual-beli akan terjadi di pasar sekunder, dimana jika terjadi transaksi di pasar sekunder, maka PT. Pertamina tidak akan menerima dana apapun dari transaksi yang terjadi di pasar sekunder.

9.Pasar Pribadi (Private Markets)
Pasar Pribadi adalah pasar dimana transaksi terjadi secara langsung antara dua pihak. Didalam pasar pribadi, kedua pihak yang melakukan transaksi menetapkan sendiri aturan-aturan yang berlaku sesuai perjanjian. Biasanya, banyak terjadi pada Pasar Valuta Asing ataupun pinjaman bank.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pengertian dan macam-macam pasar keuangan. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi kepada pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀


Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar