Produk Pasar Uang


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Produk Pasar Uang and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!



Berbeda dengan pasar modal yang memperjualbelikan surat berharga dalam jangka panjang seperti saham atau obligasi, dalam pasar uang, surat berharga yang diperjualbelikan adalah surat berharga yang memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun. Lantas, apa sajakah produk yang diperjualbelikan dalam pasar uang? Berikut adalah penjelasannya

Produk Pasar Uang
Berikut ini adalah produk pasar uang yang kita kenal di Indonesia :

1.Sertifikat Bank Indonesia (SBI)


Sesuai dengan namanya, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) adalah surat berharga yang diterbitkan oleh Bank Indonesia sebagai pengakuan utang jangka pendek dan diperjualbelikan dengan diskonto/bunga. Suku Bunga yang ada pada SBI ditentukan melalui lelang yang diadakan oleh Bank Indonesia.

2.Surat Berharga Pasar Uang (SPBU)
Surat Berharga Pasar Uang (SPBU) adalah surat berharga jangka pendek yang dapat diperjualbelikan secara diskonto/bunga dengan Bank Indonesia. SPBU dan SBI sering digunakan oleh Bank Indonesia untuk menstabilkan nilai rupiah.

3.Sertifikat Deposito (CD)
Sertifikat Deposito adalah deposito yang diterbitkan atas unjuk oleh bank umum. Nominal dan jangka waktu jatuh temponya bervariasi sesuai dengan keinginan bank. Perbedaan antara Sertifikat Deposito dengan Deposito adalah mengenai identitas kepemilikan. Jika pada Deposito dilakukan atas nama, pada Sertifikat Deposito dilakukan atas unjuk.

4.Commercial Paper (CP)
Commercial Paper adalah surat berharga yang diterbitkan suatu perusahaan yang akan berjanji membayar utang jangka pendeknya pada saat jatuh tempo.

5.Call Money
Call Money adalah kegiatan pinjam meminjam antar bank untuk jangka waktu yang pendek.

6.Repurchase Agreement (Repo)
Repurchase Agreement adalah transaksi jual beli surat berharga dengan perjanjian bahwa pihak penjual akan kembali membeli surat-surat berharga yang dijual pada tanggal dan harga yang telah ditentukan terlebih dahulu.

7.Banker's Acceptance
Banker's Acceptance adalah wesel berjangka yang ditarik seorang eksportir atau importir atas suatu bank untuk membayar sejumlah barang atau untuk membeli valuta asing (valas).

8.Treasury Bills
Treasury Bills adalah surat berharga utang jangka pendek yang diterbitkan oleh pemerintah atau bank sentral atas unjuk dengan jumlah tertentu, yang akan dibayarkan kepada pemegang sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Produk Pasar Uang. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi kepada pembaca mengenai produk yang ada dalam pasar uang. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀


Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar