Pengertian Nasionalisme


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Nasionalisme and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Nasionalisme berasal dari kata "Nasional" dan "Isme",yaitu paham yang memiliki rasa kebangaan sebagai suatu bangsa,atau memelihara kehormatan bangsa. Menurut Ensiklopedia Indonesia yang dimaksud Nasionalisme adalah sikap politik dan sosial dari kelompok-kelompok suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan,bahasa,dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan,dengan demikian,merasakan adanya kesetiaan mendalam terhadap kelompok bangsa itu. Pemahaman mengenai Nasionalisme dapat dibedakan menjadi 2 yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas.

1.Nasionalisme dalam Arti Sempit
Yang dimaksud dengan Nasionalisme dalam Arti sempit adalah rasa nasionalisme sebagai perasaan cinta dan bangga terhadap bangsanya yang berlebihan,sehingga menganggap bangsa lain selain bangsanya merupakan bangsa yang rendah. Paham yang demikian lebih dikenal dengan istilah Chauvinisme,ini pernah terjadi pada bangsa Italia pada zaman B. Mussolini,Jepang pada masa Tenno Haika,dan Jerman pada zaman Hitler. Contoh Nasionalisme dalam arti sempit :
*Membakar bendera negara lain
*Ramah terhadap orang bangsa sendiri,namun tidak terhadap orang bangsa lain

2.Nasionalisme dalam Arti Luas
Yang dimaksud dengan Nasionalisme dalam arti luas adalah rasa nasionalisme sebagai perasaan cinta terhadap bangsa sendiri,tetapi tetap menghormati bangsa lain. Nasionalisme dalam arti luas mengandung prinsip-prinsip kebersamaan,persatuan dan kesatuan,dan demokrasi. Sebagai manusia yang sama-sama tinggal di dunia ini maka kita harus bangga terhadap bangsa sendiri dengan tetap menghormati bangsa lain. Contoh Nasionalisme dalam arti luas :
*Ramah terhadap orang asing yang berkunjung ke negara kita
*Tidak mengejek bangsa lain
*Tidak menjatuhkan bangsa lain
*Tidak membenci bangsa lain

Nah,itu tadi penjelasan mengenai pengertian dari Nasionalisme. Sebagai warga negara Indonesia yang baik,sudah seharusnya kita bangga terhadap bangsa sendiri sekaligus juga tetap menghormati bangsa lain,sehingga tercipta kerukunan yang membuat dunia ini damai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar