Mengapa Black Box berwarna Oranye?


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Mengapa Black Box berwarna Oranye? and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!



Sepertinya aneh bukan jika nama sesuatu benda atau orang berbeda dengan apa yang kita bayangkan. Contohnya saja jika seorang bernama guntur,pastinya yang kita bayangkan adalah seorang laki-laki yang gagah bukan,namun ternyata dia adalah seorang perempuan tentu sangat membingungkan bukan? Hal ini pula yang terjadi pada salah satu fitur yang berada didalam pesawat komersil yang disebut dengan Black Box. Pada awalnya kita akan berpikir bahwa black box ini akan berwarna hitam bukan? namun ternyata,Black Box ini memiliki warna yang sangat jauh berbeda. Black Box sendiri memiliki warna oranye. Namun,tentunya ada alasan tersendiri mengapa Black Box ini diberi dengan warna oranye. Penasaran bukan bagaimana sejarah Black Box sehingga berwarna oranye? mari kita simak penjelasannya dibawah ini


#Pengertian Black Box
Black Box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

#Fungsi Black Box

Sebelum kita mengenal lebih jauh mengapa Black Box berwarna oranye,ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui fungsi dari Black Box itu sendiri.

Black Box berfungsi untuk merekam pembicaraan yang terjadi antara pilot dengan pemandu lalu lintas udara atau yang biasa disebut dengan Air Traffic Control. Selain untuk merekam pembicaraan,Black Box juga berguna untuk mengetahui tekanan udara serta kondisi cuaca yang terjadi selama penerbangan berlangsung.

Black Box ini biasanya terdapat dua unit di tiap pesawat. Salah satunya diletakkan pada bagian depan pesawat sedangkan satunya lagi diletakkan pada bagian ekor pesawat. Ada alasan mengapa diletakkan pada tempat seperti itu,karena diyakini kedua tempat ini merupakan tempat yang akan utuh ditemukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

#Nah,sekarang sudah tahu bukan apa fungsi dari Black Box? Sekarang barulah kita masuk ke pertanyaan utama yaitu Mengapa Black Box berwarna Oranye?

Sebenarnya alasan mudah saja,karena untuk memudahkan pencarian benda ini disaat pesawat terjatuh. Karena jika berwarna hitam maka akan sedikit lebih susah untuk ditemukan,maka digunakanlah warna yang mencolok agar Black Box ini lebih mudah ditemukan oleh tim pencari.

#Asal Penemuan Black Box

Menurut Wikipedia Indonesia,
Terdapat berbagai versi dalam penemuan kotak hitam atau alat perekam dalam dunia penerbangan. Terlebih lagi ketika kecelakaan pesawat terbang, seringkali pesawat hancur sehingga sulit dicari sebab kecelakaan tersebut. Hal tersebut mendorong Dr.sona candranata, seorang ahli ledakan, membuat alat yang dapat merekam semua informasi sebelum terjadi kecelakaan.

Idenya diambil dari sebuah alat tape recorder yang berukuran saku, dan disain dibuat di Australia, untuk dilanjutkan menjadi alat yang merekam semua arus komunikasi dalam penerbangan. Alat ini ini bisa merekam suara pilot dan semua data yang diterima dari 8 alat yang berbeda. Semua data ini bisa dipisah dan menghasilkan data yang akurat tentang penyebab kecelakaan. Alat ini kemudian dirancang untuk digunakan dalam perawatan dan pemeliharaan pesawat. Sehingga diketahui bagian mana yang mengalami tekanan.

Alat rekaman ini kemudian dimasukkan dalam kotak baja yang kuat untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat. Kotak ini kemudian dilapisi Asbes tahan api sehingga kabel-kabelnya tidak ikut rusak karena panas.

Masalah lain adalah ketika kekhawatiran pembicaraan para pilot selama penerbangan tersiar ke masyarakat umum dan disalahgunakan. Untuk mengatasi ini, dibuatkan komputer khusus yang disambungkan ke perekam. Dengan bantuan grafik, bisa dihasilkan gambar dari setiap kejadian.

Nah,itu tadi dia sedikit penjelasan mengenai Black Box. Jadi sekarang anda sudah tahu bukan mengapa Black Box diberi dengan warna oranye dan bukan dengan warna hitam. Semoga dengan adanya artikel ini,dapat membantu para pembaca sekalian dalam lebih memahami mengenai Black Box. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar