Masalah Ekonomi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Masalah Ekonomi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Masalah Ekonomi dalam Ilmu Ekonomi dibagi menjadi dua aliran yaitu Masalah Ekonomi menurut aliran klasik dan Masalah Ekonomi menurut aliran modern. Pada Masalah Ekonomi menurut aliran klasik dibagi menjadi 3 masalah pokok. Sedangkan pada Masalah Ekonomi menurut aliran modern, dibagi menjadi 4 Masalah Pokok. Penjelasan lebih lanjut mengenai kedua aliran masalah ekonomi tersebut akan dijelaskan dibawah ini :


A.Masalah Ekonomi menurut aliran klasik
Masalah Ekonomi klasik merupakan bahasan teori ekonomi klasik. Teori ini berdasarkan pemikiran Adam Smith,David Ricardo,dan John Stuart Mill yang mendominasi pemikiran ekonomi sampai dengan tahun 1870-an. Dalam Teori Ekonomi Klasik melihat pentingnya masalah ekonomi sebagai kesatuan dari proses produksi,distribusi,dan konsumsi untuk kesejahteraan. Permasalahan ekonomi klasik ini dapat digolongkan menjadi 3 macam,yaitu dari segi produksi,distribusi,dan juga konsumsi.

1.Masalah Produksi
Masalah Produksi menyangkut masalah yang berkaitan dengan apakah barang dan jasa sudah tersedia di tengah masyarakat

2.Masalah Distribusi
Masalah Distribusi menyangkut masalah yang berkaitan dengan apakah barang dan jasa yang dihasilkan bisa sampai ke tangan masyarakat.

3.Masalah Konsumsi
Masalah Konsumsi menyangkut masalah yang berkaitan dengan apakah barang dan jasa yang dihasilkan sudah benar - benar dapat digunakan atau dihabiskan oleh masyarakat yang membutuhkan.

B.Masalah Ekonomi menurut aliran Modern
Masalah Ekonomi menurut aliran modern terangkum dalam dua kata kunci,yaitu kelangkaan dan pilihan. Yang pertama menjadi penyebab yang kedua sehingga muncul empat pertanyaan mendasar tentang what,how,who,for whom. Masalah Ekonomi menurut aliran modern dapat didefiniskan kedalam empat masalah fundamental yang dihadapi oleh masyarakat di era yang modern ini.

1.Apa (What)
Permasalahan tentang apa (What),yaitu barang apa yang akan diproduksi. Artinya produsen menentukan apa yang akan diproduksi,yang meliputi :
*Barang apa yang akan dihasilkan
*Berapa jumlah barang yang akan dihasilkan
*Manakah yang harus dipilih untuk diproduksi
Keputusan untuk memproduksi suatu barang tidak lagi hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan,namun juga untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

2.Bagaimana (How)
Pertanyaan Bagaimana (How) berkaitan dengan bagaimana sumber daya disediakan,dialokasikan,dikombinasikan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Artinya pendapatan harus lebih banyak daripada biaya produksi. Faktor - faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan tentang hal ini ialah :
*Menentukan kombinasi sumber daya yang digunakan
*Merencanakan proses produksi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan biaya yang minimal
*Menentukan teknologi yang digunakan
*Mempertimbangkan faktor eksternal,seperti harga,perekonomian nasional dan Internasional,tingkat suku bunga,biaya produksi,inflasi,dan kurs valuta asing.

3.Siapa Pelaku Produksi (Who)
Di jaman yang modern ini banyak pihak yang sudah dapat melakukan produksi. Pihak itu bisa darimana saja,baik pemerintah,swasta,ataupun koperasi. Inilah salah satu ciri modernisasi,yaitu Spesialisasi. Spesialisasi berarti satu pihak memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh pihak lain. Contoh pemerintah dapat mengeluarkan peraturan pengolahan sumber daya sedangkan swasta tidak bisa. Pertimbangan mengenai pelaku produksi merupakan hal yang penting sebab setiap pihak memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu.

4.Untuk Siapa (for Whom?)
Pertanyaan for Whom (Untuk siapa) adalah menentukan untuk siapa barang tersebut dibuat? siapa yang harus menikmati dan memperoleh manfaat dari barang tersebut? bagaimana seluruh produk didistribusikan kepada anggota masyarakat? apakah suatu produk ditujukan untuk masyarakat secara umum atau untuk segmen pasar tertentu ?

Nah,itu tadi dia sedikit penjelasan mengenai Masalah Ekonomi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian dalam lebih memahami mengenai Masalah Ekonomi. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D

Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar