Pengertian dan Ciri-ciri Paragraf Argumentasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian dan Ciri-ciri Paragraf Argumentasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Apakah yang dimaksud dengan Paragraf Argumentasi ? Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan alasan,contoh,bukti - bukti yang kuat dan juga meyakinkan. Tujuannya adalah untuk meyakinkan para pembaca sehingga mereka membenarkan pendapat,sikap,dan keyakinan kita,maka dari itu paragraf argumentasi harus disertai dengan alasan yang logis dan juga bukti/fakta yang mendukung. Ciri - ciri mengenai paragraf Argumentasi akan dijelaskan dibawah ini

A.Isi Paragraf Argumentasi

Isi dari Paragraf Argumentasi terdiri atas 3 yaitu :

1.Pernyataan Penulis
2.Alasan - alasan
3.Bukti/Fakta yang mendukung.

B.Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1.Mengandung kebenaran dan pembuktian yang kuat dengan disertai data,fakta,gambar,grafik,dan bukti lainnya yang dapat memperkuat pendapat,sikap,dan keyakinan kita.
2.Menggunakan bahasa Denotatif
3.Analisis yang kuat dan juga masuk akal (Rasional)
4.Alasan dan bukti yang kuat
5.Bertujuan supaya pembaca dapat menerima pendapat penulis.

Jadi,kekuatan dari argumen terletak pada tiga prinsip pokok,yaitu pernyataan,alasan,dan juga bukti - bukti yang mendukung argumen tadi.

C.Contoh Paragraf Argumentasi

Berikut ini adalah contoh dari Paragraf Argumentasi :

   Merokok merugikan diri sendiri. Asap rokok yang kita hirup mengandung berbagai macam jenis racun. Jika setiap hari kita merokok,betapa banyaknya racun yang kita hirup. Racun - racun tersebut tentu akan sangat berbahaya karena akan menimbulkan berbagai penyakit,contohnya batuk - batuk. Oleh karena itu,jelaslah bahwa merokok sangat merusak kesehatan kita.

Nah,itu tadi dia sedikit penjelasan mengenai pengertian dan juga ciri - ciri dari Paragraf Argumentasi. Semoga dengan adanya artikel ini,dapat membantu para pembaca sekalian dalam lebih memahami mengenai paragraf argumentasi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan jug artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D


Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar