Teori Atom Thomson


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Teori Atom Thomson and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Hasil gambar untuk atom thomson
Pada tahun 1900,seorang ilmuwan yang bernama Joseph John Thomson atau yang lebih dikenal dengan J.J Thomson menemukan Elektron. akibat adanya penemuan elektron dari Joseph John Thomson,teori atom Dalton yang mengatakan bahwa atom adalah partikel yang tidak terbagi lagi,tidak dapat diterima lagi. Pada tahun 1900 J.J Thomson,mengajukan sebuah model atom yang menyerupai roti kismis,dimana kismis dalam roti kismis disamakan dengan elektron didalam atom. Berikut adalah Teori atom Thomson:


Teori atom Thomson :
Menurut Thomson,atom terdiri dari materi yang bermuatan postif dan didalamnya tersebar elektron-elektron bagaikan kismis didalam roti kismis. Secara keseluruhan atom bersifat netral. Berikut merupakan model atom yang diajukan oleh Joseph John Thomson :

Hasil gambar untuk atom thomson
Terlihat pada gambar diatas,didalam atom terdapat lagi bulatan-bulatan kecil yang diberi dengan tanda "-" (Dibaca : Negatif),nah bulatan kecil tersebut lah yang dinamakan dengan elektron atau materi bermuatan negatif. Sedangkan yang ditandakan dengan tanda "+" itu merupakan materi bermuatan positif dari atom. Pada gambar diatas,memang sekilas terlihat sama dengan roti kismis,yang didalam roti tersebut terdapat kismis-kismis yang menyebar seperti gambar diatas.

Namun,teori atom thomson memiliki kelemahan yaitu:
Pada zamannya,Joseph John Thomson tidak dapat menjelaskan dimana letak dari elektron-elektron tersebut. Joseph John Thomson hanya mengatakan bahwa elektron tersebut menyebar didalam atom.

Untuk memecahkan masalah diatas,kemudian dilakukan penelitian oleh Ernest Rutherford pada tahun 1910,yang akhirnya dapat memecahkan kelemahan diatas yang tidak dapat dijelaskan oleh Joseph John Thomson,yang dinamakan dengan Teori Atom Rutherford

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai Teori Atom Thomson. Semoga dengan adanya artikel ini,dapat membantu pembaca sekalian dalam mengerti mengenai Teori Atom Thomson. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel-artikel menarik dari kami selanjutnya... :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar