Unsur-Unsur Kebudayaan


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Unsur-Unsur Kebudayaan and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Setiap masyarakat di dunia ini, pasti memiliki kebudayaan. Dalam kebudayaan, terdapat beberapa unsur-unsur tertentu yang merupakan suatu kebulatan, yakni kebudayaan itu sendiri. Adapun beberapa ahli yang berpendapat, apa saja unsur kebudayaan tersebut. Berikut ini adalah penjelasan mengenai Unsur-Unsur Kebudayaan.


A.Unsur Kebudayaan Menurut Melville J. Herskovits
Menurut Melville J. Herskovits, ada 4 unsur pokok yang terdapat didalam kebudayaan. Berikut adalah unsur-unsur kebudayaan menurut Melville J. Herskovits :

  1. Alat-alat Teknologi
  2. Sistem Ekonomi
  3. Keluarga
  4. Kekuasaan Politik

B.Unsur Kebudayaan Menurut Bronislaw Malinowski
Menurut Bronislaw Malinowski, ada 4 unsur yang terdapat dalam kebudayaan. Berikut adalah unsur-unsur kebudayaan menurut Bronislaw Malinowski :

  1. Sistem Norma 
  2. Organisasi Ekonomi 
  3. Alat-alat dan lembaga atau petugas pendidikan
  4. Organisasi Kekuatan

C.Unsur Kebudayaan Menurut Clyde Kluckhohn
Menurut Clyde Kluckhohn dalam bukunya yang berjudul Universal Categories of Culture, membagi unsur kebudayaan kedalam 7 unsur. Berikut adalah unsur-unsur kebudayaan menurut Clyde Kluckhohn :

  1. Peralatan dan Perlengkapan Hidup Manusia
  2. Sistem Mata Pencaharian
  3. Sistem Kemasyarakatan
  4. Bahasa
  5. Kesenian
  6. Sistem Pengetahuan
  7. Sistem Kepercayaan 

Berikut ini adalah penjelasan dari ketujuh unsur kebudayaan menurut Clyde Kluckhohn :

1.Peralatan dan Perlengkapan Hidup Manusia
Peralatan dan Perlengkapan Hidup Manusia merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Di zaman sekarang ini, sudah banyak peralatan yang memudahkan manusia dalam menjalankan tugas-tugas dalam kesehariannya. Peralatan dan Perlengkapan Hidup Manusia dapat dibagi menjadi :

  1. Alat-alat Produksi : Merupakan alat-alat yang memiliki fungsi untuk memproduksi barang lain. Contoh : Bajak, Cangkul, Mesin
  2. Senjata : Pada zaman dahulu, senjata dipakai untuk melindungi diri sekaligus memburu hewan. Namun, pada zaman sekarang ini senjata merupakan peralatan yang digunakan untuk melindungi diri dan untuk keperluan olahraga
  3. Wadah : Merupakan alat yang dapat digunakan untuk menampung, menyimpan, dan menimbun barang-barang. Contoh : Piring
  4. Makanan dan Minuman : Makanan dan Minuman merupakan barang yang dikonsumsi oleh manusia agar dapat bertahan hidup
  5. Pakaian dan Perhiasan : Seiring dengan perkembangan zaman, manusia membutuhkan pakaian. Pakaian ini dapat berupa untuk perubahan iklim, lambang keunggulan, lambang kesucian, ataupun sebagai perhiasan. Selain itu, perhiasan juga dibutuhkan manusia untuk mempercantik diri.
  6. Tempat Berlindung dan Perumahan : Manusia butuh tempat berlindung, agar dapat melindungi diri dari ancaman lingkungan ataupun alam.
  7. Alat-alat Transportasi : Manusia merupakan mahluk yang suka berpindah dari ketempat satu ketempat lainnya. Agar lebih mudah untuk berpindah, manusia menciptakan berbagai macam alat transportasi.

2.Sistem Mata Pencaharian
Sistem mata pencaharian merupakan sistem yang digunakan untuk manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya terutama makanan. Berikut adalah beberapa contoh sistem mata pencaharian :

  1. Berburu dan Meramu : Merupakan sistem mata pencaharian yang sudah tua dan sudah mulai ditinggalkan pada zaman sekarang ini. Berburu adalah menangkap hewan dan mengkonsumsinya secara langsung. Sedangkan meramu adalah mengambil dan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan secara langsung
  2. Berternak : Merupakan sistem mata pencaharian yang masih dilakukan sebagian besar orang pada saat ini. Sistem ini sangat cocok bagi mereka yang tinggal di wilayah stepa ataupun sabana.
  3. Bertani : Sistem mata pencaharian yang masih banyak dilakukan pada saat ini adalah Bertani.

3.Sistem Kemasyarakatan
Sistem Kemasyarakatan adalah sistem yang tercipta dikarenakan kesadaran manusia, bahwa mereka masih memiliki kekurangan-kekurangan sehingga membutuhkan bantuan dari manusia lainnya. Contoh sistem kemasyarakatan adalah sistem kekerabatan

4.Bahasa
Bahasa merupakan cara yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak bahasa. Namun, untuk memperlancar proses komunikasi, maka diciptakanlah bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia

5.Kesenian
Kesenian merupakan tempat manusia bebas berekspresi dan meluapkan kreatifitasnya. Kesenian mengacu pada unsur keindahan yang berasal dari hati manusia. Dilihat dari segi ekspresi manusia akan keindahan, kesenian dibagi menjadi 3, yaitu :

  1. Seni Rupa : Kesenian yang dinikmati oleh manusia dengan menggunakan mata. Contoh : Tari-tarian
  2. Seni Suara : Kesenian yang dinikmati oleh manusia dengan menggunakan telinga. Contoh : Seni Vokal
  3. Seni Sastra : Kesenian yang menunjukkan keindahan bahasa. Contoh : Puisi

6.Sistem Pengetahuan
Pengetahuan sangat erat kaitannya dengan manusia, karena manusia memiliki pikiran yang telah dikaruniakan. Pengetahuan secara sederhana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan.

7.Sistem Kepercayaan
Sistem Kepercayaan adalah suatu sistem, dimana manusia percaya terhadap sesuatu yang dianggap lebih tinggi darinya. Pada zaman dahulu, sistem kepercayaan yang ada di Indonesia adalah animisme dan dinamisme. Namun, dikarenakan perkembangan zaman, lambat laun munculah agama di Indonesia. Di Indonesia, terdapat 6 agama yang sudah diakui oleh pemerintah, yaitu : Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai unsur-unsur kebudayaan. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu pembaca sekalian untuk mengetahui mengenai unsur-unsur yang terdapat dalam kebudayaan. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar