Pengertian Dasar Negara


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Dasar Negara and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Hasil gambar untuk teks pancasila dan lambangnya
Anda tahu bukan Pancasila?,lantas sebagai apakah peranan Pancasila itu dalam negara kita?,jawabannya adalah Pancasila merupakan Dasar Negara kita,jadi kelima sila yang ada didalam Pancasila merupakan Dasar Negara kita. Lantas,apakah pengertian dari Dasar Negara?,dan apa fungsi dari Dasar Negara dalam suatu Negara?. Dasar negara berasal dari bahasa belanda yaitu Philosophisce Groundslag yang artinya adalah Norma dasar yang bersifat filsafat (mendalam) dan dari bahasa Jerman yaitu Wethanchauung,yang artinya adalah pemikiran yang mendalam tentang dunia beserta isinya. Jadi,dapat disimpulkan pengertian dari Dasar Negara adalah hasil pemikiran yang mendalam mengenai dunia yang dijadikan pedoman dalam pergaulan bersama masyarakat disuatu negara. Contoh dari dasar negara salah satunya adalah Pancasila yang menjadi dasar negara kita,berikut beberapa contoh Dasar Negara lainnya :

1.Liberalisme (Negara Eropa dan Amerika)
2.Komunisme (China,Korea Utara,Rusia,dll)
3.Sosialisme
4.Marxisme
5.Dan lain sebagainya

Fungsi Dasar Negara
Tentu Dasar Negara memiliki fungsi,sehingga digunakan oleh negara-negara. Berikut adalah Fungsi Dasar Negara bagi suatu negara :

1.Dasar Berdiri dan tegaknya negara (Contoh : Pembukaan UUD 1945 Alinea ke 4)
2.Dasar Kegiatan Penyelenggaran Negara (Contoh : Kemakmuran Indonesia didasarkan pada sila ke-5 Pancasila,adanya Hak Asasi Manusia berpedoman pada sila ke-2 Pancasila)
3.Dasar Partisipasi Warga Negara (Contoh : Ikut Pemilihan Umum [Sila Ke-4 Pancasila])
4.Dasar Pergaulan Antar Warga Negara (Contoh : Saling menghormati sesuai dengan sila ke-3 Pancasila)
5.Dasar Sumber Hukum Nasional (Hukum Berdasarkan Pancasila)

Nah,banyak dari contoh fungsi Dasar Negara diatas saya gunakan Pancasila. Namun,anda sudah tahu belum isi Pancasila,saya harapkan anda sudah tahu sebab Pancasila merupakan Dasar Negara kita,namun bagi anda yang belum tahu,maka saya akan membantu anda menjadi tahu (tau bukan Tahu makanan :p). Berikut adalah kelima sila dari Dasar Negara kita yaitu Pancasila :


Hasil gambar untuk teks pancasila dan lambangnya




1.Ketuhanan Yang Maha Esa
2.Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
3.Persatuan Indonesia
4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5.Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Nah,sekarang anda sudah tahu bukan kelima sila dari Pancasila :D

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai pengertian dari Dasar Negara beserta fungsinya,semoga dapat membantu anda dalam memahami apa sih Dasar Negara itu :D. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini,dan jangan lupa nantikan postingan menarik dari kami selanjutnya :D

Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar