Elemen Sistem Komputer


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Elemen Sistem Komputer and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Anda tentu sering bermain komputer atau sejenisnya bukan? (Jelaslah,jadi baca artikel ini pake apa? :p). Namun anda apakah anda tahu apa saja Elemen Sistem Komputer?. Hah,apa itu Elemen Sistem Komputer?,nah bagi yang belum tau nih saya jelaskan maksud dari Elemen Sistem Komputer. Elemen Sistem Komputer adalah komponen atau bagian yang membuat suatu sistem komputer agar komputer dapat berfungsi dengan baik,dan bisa menghasilkan informasi. Nah,mungkin agak susah ya pengertiannya,tapi jika sudah saya jelaskan elemen-elemennya anda mungkin akan lebih paham. Maka dari itu,mari kita lihat elemen dari Sistem Komputer :


Elemen Sistem Komputer terdiri dari tiga elemen yang saling berkaitan,yaitu :

1.Hardware atau Perangkat Keras :
Hardware atau perangkat keras merupakan elemen sistem komputer yang dapat disentuh secara fisik. Hardware merupakan elemen penting agar komputer dapat berjalan. Secara umum,fungsi dari hardware dibagi menjadi 3 kategori komponen, yaitu :

*Input (Peralatan Masukan)
*Output (Peralatan Keluaran)
*Storage (Peralatan Penyimpanan)
CPU Merupakan contoh dari Hardware


2.Software atau Perangkat Lunak :
Software atau perangkat lunak adalah bagian dari komputer yang tidak dapat disentuh secara fisik,seperti program dalam komputer itu termasuk perangkat lunak. Beberapa jenis software lainnya adalah :
Adobe Reader merupakan contoh dari Software

*Aplikasi
*Sistem Operasi
*Bahasa Pemrograman,dll

3.Brainware 
Secanggih-canggihnya komputer,tentu tidak dapat dijalankan tanpa ada yang namanya manusia yang menggunakannya. Jadi Brainware itu sebenarnya adalah manusia itu sendiri (kita). Namun,Brainware juga memiliki tingkatan-tingkatan,berikut adalah tingkatan berdasarkan tugasnya :

*Entri Data (Pengguna Komputer yang bertugas memasukkan data yang berulang)
*Operator (Pengguna Komputer yang bertugas memasukkan data dan mengolahnya menjadi informasi)
*Programmer (Pengguna Komputer yang menciptakan perangkat lunak)
*System Analyst (Pengguna Komputer yang dapat memberikan analisis tentang suatu sistem tertentu dalam komputer).

Ketiga elemen diatas tidak dapat dipisahkan jika ingin komputer berfungsi dengan baik. Hardware tidak akan berguna tanpa software. Hardware dan Software tidak akan berguna tanpa Brainware,karena tidak ada yang menjalankan. Software dan Brainware pun tidak akan berguna jika tidak ada Hardware(Komputernya :p).
Nah,itu tadi penjelasan mengenai elemen sistem komputer. Bagaimana sudah mengerti tidak elemen-elemen dari sistem komputer,semoga bermanfaat ya. Terima Kasih telah mengunjungi blog ini dan jangan lupa nantikan postingan menarik dari kami selanjutnya :D






Last Update : 14/01/16 22:40 WIB
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar