Peranan Biologi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Peranan Biologi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!





Anda mungkin pernah berpikir seperti ini "Untuk apa sih mempelajari biologi,toh saya juga bidangnya ga bakalan ke situ lah". Nah bagi yang pernah berpikir seperti itu,mungkin anda perlu menyimak artikel saya yang satu ini,karena kali ini saya akan memberitahu apa-apa saja sih peran biologi. Mungkin,dengan membaca artikel saya ini,anda akan tau akan manfaat penting dari mempelajari biologi,karena biologi sendiri tentu tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Nah,tidak usah panjang lebar lagi,sekarang saya akan beritahu peranan biologi dibawah ini :


Ternyata oh ternyata,peranan biologi ini sangat banyak,beberapa diantaranya adalah dari bidang-bidang dibawah ini :

1.Bidang Kedokteran
Sudah sangat jelas,bahwa bidang kedokteran merupakan bidang yang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya ilmu Biologi. Tentu,seorang dokter harus mengetahui bagaimana itu mahluk hidup,jika tidak tau maka dia bukanlah seorang dokter. Beberapa contoh peranan biologi dalam bidang kedokteran adalah sebagai berikut :

*Teknik Pembuatan Bayi Tabung
*Metode Keluarga Berencana (KB)
*Cangkok Organ Tubuh
*Bedah Plastik
*Terapi Gen,dan masih banyak lagi.

2.Bidang Farmasi
Bagi yang belum mengetahui apa itu farmasi,saya akan beritahu bahwa farmasi itu merupakan bidang yang mempelajari tentang obat-obatan. Berikut beberapa contoh peranan biologi dalam bidang Farmasi :

*Pembuatan Vitamin Sintetik
*Vaksin
*Antibodi untuk bakteri
*Obat-obatan Tradisional maupun modern,dan masih banyak lagi

3.Bidang Teknologi Pangan
Biologi sendiri menyumbang peranan dalam soal pangan. Dengan mempelajari Biologi,kita dapat mengetahui apa saja bakteri-bakteri yang membantu dalam membuat pangan,kita juga dapat membuat sebuah makanan yang didalamnya mempunyai gizi seimbang,dll,berikut beberapa contoh peranan biologi di bidang teknologi pangan :

*Pembuatan Keju
*Pembuatan Nata De Coco (Kayak Jelly)
*Yoghurt
*Makanan Suplemen,dan masih banyak lagi

4.Bidang Pertanian
Dengan mempelajari biologi,petani akan sangat terbantu untuk menghasilkan bibit-bibit berkualitas unggul dan juga metode-metode agar petani dapat meningkatkan harga jual untuk tanaman yang ditanamnya. Berikut beberapa contoh Peranan Biologi dalam bidang pertanian :

*Penemuan Bibit Unggul
*Kultur Jaringan
*Teknologi Hidroponik
*Pemandulan hama,dan masih banyak lagi

5.Bidang Peternakan
Tentu saja Biologi memilki peranan besar bagi bidang peternakan,seperti obat untuk hewan yang sakit dan beberapa rekayasa pada hewan. Berikut adalah beberapa contoh peranan biologi dalam bidang peternakan :

*Kloning Untuk Hewan
*Kawin Suntik
*Ayam bertelur dengan cepat,dan masih banyak lagi

6.Bidang Perikanan
Biologi sendiri,akan sangat membantu nelayan untuk menemukan apa-apa saja yang ikan incaran mereka sukai,serta bagaimana perilaku para ikan-ikan tersebut,dan bagaimana cara agar hewan laut yang mereka pelihara dapat berkembang dengan baik. Berikut beberapa contoh Peranan Biologi dalam bidang Perikanan :

*Budidaya Ikan Hias
*Pemilihan Umpan
*Budidaya kerang penghasil mutiara,dan masih banyak lagi

7.Bidang Industri
Berikut beberapa contoh peranan biologi dalam bidang Industri :

*Teknik pemisahan logam dengan bijinya menggunakan bakteri,dan masih banyak lagi

8.Bidang pengelolaan Lingkungan Hidup
Biologi akan sangat berguna dalam membantu manusia,agar dapat menentukan bagaimana sih cara memelihara alam dengan benar,serta mahluk hidup apa saja yang dapat sangat berguna untuk memelihara lingkungan hidup. Beberapa Contoh peranan biologi dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup :

*Pengelolaan limbah dengan menggunakan mikroorganisme
*Menguraikan tumpahan minyak dilaut dan plastik dengan bakteri,dan masih banyak lagi
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar