Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Masyarakat selalu berkembang dan mengalami perubahan baik lambat ataupun cepat. Perubahan-perubahan yang terjadi didalam masyarakat disebut sebagai perubahan sosial. Adapun pandangan para ahli mengenai perubahan sosial, yaitu sebagai berikut :

  1. Selo Soemardjan : Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap, dan perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
  2. Kingsley Davis : Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
  3. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin : Perubahan sosial sebagai suatu variasi dan cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
  4. Samuel Koenig : Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut dapat terjadi karena faktor-faktor intern maupun ekstern.
  5. Robert Maclver : Perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.
  6. William F. Ogburn : Perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek-aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola berpikir masyarakat.
  7. Emile Durkheim : Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.
  8. Raja : Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi suatu sistem sosial.
  9. Max Weber : Perubahan sosial budaya merupakan perubahan situasi didalam masyarakat yang menjadi akibat ketidaksesuaian unsur-unsur.
  10. Wikipedia Indonesia : Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian perubahan sosial menurut para ahli. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar