Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Dalam sejarah manusia banyak terjadi perubahan sosial yang besar dan akhirnya berhasil membentuk kembali sejarah peradaban dan kebudayaan manusia yang lebih maju dibandingkan sebelumnya. Sejarah manusia menjadi lebih maju inilah yang disebut sebagai modernisasi. Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari Modernisasi. Berikut ini adalah pengertian modernisasi menurut para ahli.

  1. Wilbert E. Moore : Modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dari yang tradisional ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh negara-negara barat yang telah stabil.
  2. Koentjaraningrat : Modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang.
  3. Soerjono Soekanto : Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan.
  4. Astrid S. Susanto : Modernisasi adalah suatu proses pembangunan yang memberikan kesempatan ke arah perubahan demi kemajuan.
  5. Ogburn dan Nimkoff : Modernisasi adalah suatu usaha untuk mengarahkan masyarakat agar dapat memproyeksikan diri ke masa depan nyata dan bukan pada angan-angan semu.
  6. Johan Willem Schoorl : Modernisasi merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan.
  7. Widjojo Nitisastro : Modernisasi adalah transformasi atau perubahan total dari kehidupan tradisional dan organisasi sosial menuju ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
  8. Alex Thio : Modernisasi adalah salah satu bentuk perubahan sosial yang dulunya masyarakat pertanian berubah menjadi masyarakat industri.
  9. Harold Rosenberg : Modernisasi adalah sebuah tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat.
  10. Abdul Syam : Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian modernisasi menurut para ahli. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya. 
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar