Perbedaan Antara Kurs Jual dengan Kurs Beli


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Perbedaan Antara Kurs Jual dengan Kurs Beli and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Dalam pasar valuta asing, dikenal dua macam kurs. Kedua macam kurs tersebut adalah kurs jual dan kurs beli. Kurs jual berbeda dengan kurs beli. Namun, masih banyak orang yang sulit membedakan mana kurs jual dan mana kurs beli. Untuk dapat membedakannya, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

A.Pengertian Kurs Jual dan Kurs Beli

1.Kurs Jual
Kurs jual adalah kurs yang digunakan ketika pedagang valas (money changer, bank) melakukan penjualan terhadap valuta asing (alat pembayaran luar negeri).

2.Kurs Beli
Kurs beli adalah kurs yang digunakan ketika pedagang valas melakukan pembelian terhadap valuta asing.

Untuk lebih memperjelas perbedaan diantara keduannya, silahkan simak contoh dibawah ini.

B.Pengunaan Kurs Jual dan Kurs Beli
Berikut adalah beberapa contoh pengunaan kurs jual dan kurs beli :

Contoh : Kurs Jual Sin $ : Rp9.500 dan Kurs Beli Sin $ : Rp9.000

1.Ani seorang warga Indonesia ingin pergi jalan-jalan ke negara Singapura. Tentu alat pembayaran untuk melakukan transaski di Singapura haruslah Sin $. Maka dari itu, Ani melakukan pertukaran mata uang dari Rp ke Sin $. Ani kemudian mendatangi money changer terdekat untuk menukarkan Rp9.500.000 menjadi uang Sin$ (membeli Sin $) . Karena Ani ingin membeli Sin $ berarti pedagang valas melakukan penjualan Sin $ kepada Ani. Maka, yang digunakan disini adalah kurs jual sebesar Rp9.500/1 Sin$. Dengan uang sebesar Rp9.500.000, maka Ani akan mendapatkan Sin $ sebesar 1000 Sin $. (Rp9.500.000 : Rp9.500/1 Sin$)

2.Setelah puas berjalan-jalan ke Singapura, ternyata uang Sin $ yang dimiliki Ani tidak habis sepenuhnya. Masih tersisa sedikit, yaitu sebesar 100 Sin $. Karena di Indonesia uang Sin $ tidak berlaku, maka Ani ingin mengembalikannya menjadi Rp (menjual Sin $). Kemudian Ani mendatangi money changer terdekat untuk menukarkan 100 Sin $ dengan uang Rp. Karena Ani ingin menjual Sin $ berarti pedagang valas melakukan pembelian Sin $ kepada Ani. Maka, yang digunakan disini adalah kurs beli sebesar 1 Sin$/Rp9.000. Dengan uang sebesar 100 Sin $, maka Ani akan mendapatkan Rp sebesar Rp900.000 (100Sin $ x Rp9.000)

Note : Kurs Jual selalu lebih besar daripada kurs beli

Nah, itu tadi penjelasan mengenai perbedaan antara kurs jual dan kurs beli. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca untuk memahami pengunaan kurs jual dan kurs beli. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar