Pelaku Pasar Berjangka


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pelaku Pasar Berjangka and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Pasar Berjangka adalah tempat berbagai contoh barang-barang produksi dipamerkan untuk selanjutnya diperjualbelikan, dimana barang yang diperjualbelikan sesungguhnya tidak berada di tempat. Dalam pasar berjangka, terdapat beberapa pelaku yang ada, yaitu hedger, investor, dan pialang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pelaku pasar berjangka.

Pelaku Pasar Berjangka
Terdapat 3 pelaku yang ada pada pasar berjangka, yaitu sebagai berikut :

1.Hedger
Hedger adalah orang yang melakukan transaksi agar resiko kerugian kecil karena adanya perubahan harga. Hedger terdiri dari para petani, produsen, pedagang komoditi, dan industri pemakai komoditi.

2.Investor
Investor atau sering disebut juga spekulator adalah orang-orang yang berusaha untuk memperoleh keuntungan dari perubahan harga yang terjadi di bursa. Investor mempunyai peranan yang penting dalam menciptakan likuiditas (perihal posisi uang kas suatu perusahaan dan kemampuannya untuk memenuhi kewajiban yang jatuh tempo tepat pada waktunya) karena memiliki dana yang besar. Terkadang investor berfungsi sebagai jembatan antara hedger yang ingin menjual pada saat tertentu dengan hedger lain yang akan membeli di kemudian hari.

3.Pialang
Pialang adalah badan usaha yang mendapatkan hak untuk menerima pesanan dari pemberi amanat dengan komisi sebagai imbalannya. Pialang mempunyai peran sebagai jembatan antara bursa dengan pemakai yang bukan anggota. Melalui pialang, mereka yang bukan anggota bursa dapat melakukan transaksi di bursa. Hal ini yang membuat pialang disebut sebagai 'penggerak hedging dan spekulasi di bursa'.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pelaku pasar berjangka. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai pasar berjangka. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar