Pengertian, Keunggulan dan Kelemahan Firma


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian, Keunggulan dan Kelemahan Firma and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Salah satu bentuk badan usaha yang kita kenal adalah Firma. Badan usaha firma dapat didirikan oleh setidaknya 2 orang di hadapan notaris yang akan dibuatkan akta pendirian. Akta ini nantinya merupakan bukti tertulis dari pendirian suatu firma. Firma sebagai badan usaha memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai firma.

A.Pengertian Firma
Firma adalah badan usaha ynag didirikan oleh dua orang atau lebih yang memiliki tanggung jawab penuh atas segala hutang-hutang firma dengan seluruh harta benda yang dimiliki oleh pemilik firma.

Pada umumnya, firma didirikan oleh orang-orang yang sudah saling mengenal dan saling mempercayai. Hal ini dikarenakan maju mundurnya firma akan ditanggung bersama. Setiap anggota firma berhak bertindak atas nama firma. Resiko dari tindakan seorang anggota firma akan ditanggung oleh semua anggota firma dengan harta benda yang dimiliki.

B.Keunggulan dan Kelemahan Firma
Dibandingkan dengan badan usaha lainnya, firma memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut ini adalah keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh badan usaha firma :

1.Keunggulan
Firma sebagai salah satu bentuk badan usaha memiliki beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut :

  • Kelangsungan firma lebih terjamin dikarenakan tidak hanya bergantung pada seorang saja.
  • Dapat dilakukan pembagian kerja dalam kepemimpinan sesuai dengan kecakapan yang dimiliki oleh para pemilik.
  • Dapat mengumpulkan modal yang lebih besar.
  • Resiko firma tidak hanya ditanggung oleh satu anggota saja, namun semua anggota harus menanggung resiko yang ada.

2.Kelemahan
Selain memiliki keunggulan, firma juga memiliki kelemahan-kelemahan dibandingkan badan usaha lainnya. Berikut ini adalah kelemahan yang dimiliki oleh firma :

  • Bagi pemilik yang tidak mengalami kesalahan, merasa rugi dikarenakan perbuatan salah seorang pemilik yang melakukan kesalahan yang akhirnya ditanggung juga oleh pemilik yang tidak melakukan kesalahan. 
  • Ketika terjadi perbedaan pandangan diantara para pemilik, maka firma akan sulit untuk mencapai keputusan karena tidak adanya kesepakatan diantara pemilik. Dalam situasi ini, perselisihan diantara pemilik dapat terjadi.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian, Keunggulan, dan Kelemahan Firma. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai badan usaha. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar