Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Pertumbuhan Ekonomi suatu negara, tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah Sumber Daya Alam, Sumber Daya Modal, Teknologi, Jumlah Penduduk, Kualitas Penduduk, Sistem Sosial, Sikap Masyarakat, dan Luas/Pangsa Pasar. Berikut adalah penjelasan dari faktor-faktor tersebut


A.Sumber Daya Alam

Hasil Hutan
Sumber Daya Alam merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Negara yang memiliki banyak Sumber Daya Alam, tentu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dibandingkan negara yang minim sumber daya alam. Sumber Daya Alam yang dimaksud adalah tanah, iklim, cuaca, hasil hutan, hasil tambang, dan lain sebagainya.

B.Sumber Daya Modal 

Modal sangat diperlukan oleh sebuah negara untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat. Semakin banyak modal yang dimiliki oleh sebuah negara, tentu akan memperlancar berbagai proses produksi sumber daya alam yang potensial (belum dimanfaatkan), menjadi sumber daya alam yang telah jadi. Jadi, modal dapat meningkatkan efisiensi proses produksi dari sumber daya alam, yang akan mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara.

C.Teknologi 

Tidak jauh berbeda dengan modal, teknologi yang dimiliki oleh suatu negara juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Negara dengan teknologi yang canggih, tentu akan meningkatkan efisiensi proses produksi, dibandingkan dengan negara yang masih menggunakan cara tradisional. Selain meningkatkan efisiesnsi, pengunaan teknologi yang canggih juga dapat meningkatkan kualitas barang produksi. Sebagai contoh, Teknologi yang dimiliki oleh Amerika Serikat untuk menambang emas di Indonesia (Freeport), tentu Amerika Serikat mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan Indonesia yang merupakan pemilik. Jikalau Indonesia memiliki teknologi yang canggih juga untuk menambang emas, tentu pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat meningkat dengan pesat.

D.Jumlah Penduduk dan Kualitas Penduduk 

Jumlah Penduduk yang dimiliki oleh suatu negara, akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Semakin besar penduduk di suatu negara, tentu akan semakin mudah untuk mencari tenaga kerja. Namun, jumlah penduduk yang besar tersebut harus diiringi dengan kualitas penduduk yang tinggi. Semakin tinggi tingkat kualitas penduduk, maka semakin tinggi pula tingkat produktifitas. Jika jumlah penduduk yang besar ini tidak diiringi dengan kualitas penduduk yang tinggi, maka jumlah penduduk yang besar akan menimbulkan masalah baru, yaitu pengangguran yang dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

E.Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat 

Ternyata, Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat dari suatu negara dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Sikap masyarakat modern yang terbuka dan bersikap positif terhadap perubahan, tentu akan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Sedangkan sikap masyarakat tradisional yang cenderung masih tertutup dan mempertahankan budaya, biasanya akan menolak perubahan-perubahan baru, dan hal ini dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi.

F.Luas Pasar 
Barang yang diproduksi tentulah akan dijual kepada konsumen yang membutuhkan. Oleh karena itu, perlu dicari daerah pemasaran yang tepat, baik didalam negeri maupun diluar negeri. Semakin luas daerah pemasaran yang dimiliki, maka akan semakin mudah untuk menjangkau konsumen dan kemungkinan produsen untuk mendapatkan laba akan semakin besar. Dengan semakin besar pendapatan yang didapatkan oleh produsen, tentu hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Begitu pula sebaliknya, jika tidak mampu mencari daerah pemasaran yang luas, maka dapat menghambat pertumbuhan ekonomi.






Nah, itu tadi penjelasan mengenai faktor-faktor pertumbuhan ekonomi. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi kepada pembaca mengenai faktor pertumbuhan ekonomi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😁
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar