Cara Merawat Kerajinan Bahan Lunak dari Serat Alami


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Cara Merawat Kerajinan Bahan Lunak dari Serat Alami and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Serat alami merupakan salah satu bahan dasar yang paling banyak digunakan dalam pembuatan kerajinan bahan lunak. Contoh dari serat alami adalah daun pandan, enceng gondok, jerami, mendong, dan lain sebagainya. Serat alami sangat rentan rusak terutama jika terkena air, dikarenakan serat alami berasal dari mahluk hidup. Maka dari itu, diperlukan trik khusus untuk merawat kerajinan dari serat alami. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan kerajinan dari serat alami.


Cara merawat kerajinan bahan lunak dari serat alami :
  • Jika noda sedikit, jangan dicuci. Bahan-bahan serat alami ketika di musim lembab atau hujan biasanya timbul lapisan-lapisan seperti debu berwarna abu-abu keunguan. Lapisan debu ini merupakan jamur yang dapat tumbuh ketika kerajinan dari serat alami mulai lembab/basah. Untuk membersihkan noda tersebut, cukup dengan menjemurnya kemudian sikatlah dengan sikat yang kering.
  • Semua bahan yang berasal dari serat alami biasanya cepat mudah rusak jika terlalu lama terkena air. Ketika barang-barang kamu kotor, usahakan terkena air seminimal mungkin. Hal ini dilakukan agar barang kamu tidak rusak. Kandungan air yang terlalu banyak pada bahan serat alami dapat membuat bahan tersebut menjadi cepat rusak
  • Gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan kerajinan dari serat alami, dan sikatlah pada bagian yang terkena kotoran/debu saja.
  • Jangan menggunakan deterjen untuk membersihkan kerajinan dari serat alami. Hal ini dikarenakan deterjen mengandung bahan yang terlalu keras. Gunakanlah sabun atau shampo, namun jangan terlalu banyak. Gunakan sabun hanya pada bagian yang kotor saja.
  • Kerajinan dari serat alami jangan terlalu lama dijemur di panas matahari. Hal ini dikarenakan dapat membuat kerajinan kamu berubah bentuk, warna, maupun ukurannya. Jangan menjemur kerajinan dari serat alami pada saat matahari sangat terik. Seperti layaknya baju, kerajinan berbahan serat alami bisa pudar jika terkena matahari langsung terlalu lama. Ada juga beberapa bahan yang dapat berubah bentuk maupun ukuran jika terlalu lama dijemur.
  • Saat tidak digunakan, simpan kerajinan dari serat alami di tempat yang TIDAK lembab/basah. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan. Untuk lebih amannya, simpanlah barang-barang tersebut dengan plastik dan bungkus dengan rapat. Ruang yang memiliki sedikit udara akan menghambat tumbuhnya jamur, sekaligus juga melindungi dari debu dan kotoran.
  • Jangan lupa untuk memberikan bahan pengawet bahan kedalam plastik sebelum menyimpannya. Silica gell diberikan sesuai dengan jenis bahan serta tingkat pertumbuhan jamur yang ditimbulkan. Jika bahan tersebut sangat mudah untuk ditumbuhi jamur, maka masukkan Silica gell 3-4 kantong kecil.
Nah, itu tadi cara untuk merawat barang-barang yang terbuat dari serat alami. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian lebih mengerti bagaimana cara untuk merawat kerajinan dari serat alami. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D


Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar