Pemakai Informasi Akuntansi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pemakai Informasi Akuntansi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Informasi Akuntansi tentu tidak hanya digunakan oleh satu pihak dengan satu kepentingan saja. Informasi Akuntansi digunakan oleh banyak pihak dengan kepentingan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi dari suatu perusahaan.


Pihak-pihak yang membutuhkan Informasi Akuntansi :
  • Investor : Investor merupakan orang yang memberikan modal kepada perusahaan agar dapat menjalankan perusahaan tersebut. Investor membutuhkan informasi akuntansi untuk mengambil keputusan apakah akan menjual, menahan, atau membeli saham mereka didalam perusahaan tersebut.
  • Karyawan : Karyawan merupakan orang yang dipekerjakan oleh perusahaan. Walaupun orang yang dipekerjakan oleh perusahaan, namun karyawan tetap membutuhkan informasi akuntanasi. Informasi Akuntansi bagi karyawan akan berguna untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, manfaat pensiun, dan kesempatan kerja
  • Pemberi Pinjaman : Pemberi Pinjaman merupakan orang/perusahaan yang memberikan pinjaman kepada perusahaan tersebut. Pemberi Pinjaman membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pokok pinjaman dan juga bunganya pada saat jatuh tempo.
  • Pemasok atau Kreditor usaha lainnya :  Tidak jauh berbeda dengan Pemberi Pinjaman, Pemasok atau Kreditor membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai apakah sebuah perusahaan dapat membayar jumlah hutang tepat pada waktunya pada saat jatuh tempo.
  • Pelangaan : Pelanggan merupakan konsumen perusahaan. Pelanggan, terutama yang terlibat perjanjian jangka panjang dengan perusahaan membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai kelangsungan usaha perusahaan.
  • Pemerintah : Pemerintah membutuhkan informasi tentang perusahaan untuk mengatur aktivitas perusahaan, kebijakan pajak, dan sebagai dasar penyusunan statistik pendapatan nasional.
  • Pemakai Lainnya : Pemakai lainnya, biasanya merupakan lembaga atau orang yang tidak berhubungan langsung dengan perusahaan, sebagai contoh adalah BPS (Badan Pusat Statistik), Lembaga penelitan, serta masyarakat pada umumnya. Mereka membutuhkan informasi akuntansi suatu perusahaan untuk kepentingan tertentu. Biasanya, mereka mendapatkan informasi keuangan suatu perusahaan melalui surat kabar atau majalah.
Nah,itu tadi penjelasan mengenai siapa saja yang menggunakan informasi akuntansi suatu perusahaan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian agar lebih mengetahui siapa saja yang menggunakan informasi akuntansi dan apa manfaatnya bagi mereka. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar