Cara Merawat Kerajinan Bahan Lunak dari Tanah Liat


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Cara Merawat Kerajinan Bahan Lunak dari Tanah Liat and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Kerajinan bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak. Dari sekian banyak bahan lunak yang ada di alam maupun yang dibuat, salah satu bahan dasar kerajinan bahan lunak yang paling banyak digunakan adalah Tanah Liat. Adapun cara perawatan khusus untuk kerajinan bahan lunak yang terbuat dari Tanah Liat sebagai berikut.


Tanah Liat banyak digunakan untuk membuat berbagai kerajinan, salah satunya adalah keramik. Untuk merawat kerajinan dari tanah liat ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara perawatan kerajinan keramik :
  • Cuci keramik dengan air sabun yang hangat, kemudian lap keramik hingga kering
  • Jangan pernah menumpuk peralatan keramik, karena hal ini dapat menyebabkan rusaknya warna dan juga motif yang terdapat pada keramik. Jika ingin, pastikan ada ruang dalam penataan antara keramik yang satu dengan keramik yang lainnya. Hal ini diperlukan untuk menghindari gesekan antar kedua keramik yang dapat mengakibatkan retak ataupun cacat.
  • Ada salah satu cara perawatan yaitu dengan menggunakan Belimbing Wuluh. Belimbing Wuluh memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga mampu menghilangkan noda pada peralatan apapun yang terbuat dari keramik. Agar hasil yang diberikan belimbing wuluh maksimal, maka pilih belimbing wuluh yang sudah matang namun jangan terlalu tua. Untuk melakukannya, bahan yang diperlukan adalah belimbing wuluh, sikat plastik atau sikat gigi, lap kering atau basah, sabun colek, dan sarung tangan plastik. Kupas bagian dalam belimbing wuluh. Setelah itu gosokkan ke permukaan keramik secara merata, lalu diamkan selama 10 menit supaya kadar asam yang ada didalamnya dapat bekerja. Bersihkan keramik dengan menggunakan sikat plastik dan gosokan satu arah baik secara horizontal maupun secara vertikal sampai semua noda terangkat. Kemudian, lap keramik dengan menggunakan lap kering atau basah, lap secara perlahan dan sedikit ditekan sehingga keramik akan bersih kembali. Hindari pengunaan air sewaktu menggosok belimbing wuluh di permukaan keramik karena air akan menyebabkan kadar asamnya berkurang. Pada perawatan keramik, kadar asam yang tinggi sangat diperlukan agar keramik dapat bersih dan mengkilap seperti baru dibeli.
Nah, itu tadi penjelasan bagaimana untuk merawat kerajinan bahan lunak yang terbuat dari Tanah Liat, dimana salah satunya adalah keramik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian agar mengetahui bagaimana cara untuk merawat kerajinan bahan lunak dari tanah liat. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar