Teknik Membaca Cepat


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Teknik Membaca Cepat and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Membaca Cepat merupakan suatu teknik yang berfungsi agar kita dapat menghemat waktu dalam membaca,namun tetap mengerti dan dapat menyerap informasi dari bacaan yang kita baca. Seseorang dikatakan dapat berhasil melakukan teknik membaca cepat jika ia mampu menjawab pertanyaan yang disediakan sekurang-kurangnya sebesar 75% dari total pertanyaan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai teknik membaca cepat

A.Metode Membaca Skimming dan Scanning

1.Membaca Skimming
Yang dimaksud dengan membaca Skimming adalah membaca cepat dengan hanya menyerap informasi penting atau ide pokoknya saja. Tujuan dari membaca dengan metode ini adalah agar kita dapat mengetahui isi umum dalam sebuah bacaan tanpa harus membaca seluruh kata yang terdapat didalam bacaan.

*Strategi Membaca Skimming :
a.Baca Judul,sub-judul agar kita mengetahui apa yang disajikan dalam bacaan tersebut
b.Perhatikan Ilustrasi (Jika ada) agar kita dapat mengetahui lebih jauh apa yang sedang dibahas oleh bacaan tersebut
c.Baca awal dan akhir kalimat dari tiap paragraf
d.Carilah kata kunci dalam bacaan tersebut,dilanjutkan dengan memikirkan arti dari kata kunci tadi.

2.Membaca Scanning
Yang dimaksud dengan membaca Scanning adalah teknik membaca cepat dengan cara menyapu semua halaman bacaan demi mencari suatu informasi yang sudah kita tentukan. Tujuan dari membaca dengan metode ini adalah agar kita tidak membaca bagian lain,selain dari informasi yang sedang kita cari. Biasanya metode ini digunakan pada saat kita mencari nomor telepon di buku telepon,maka yang kita tuju adalah nomor orang yang kita ingin hubungi.

*Strategi Membaca Scanning :
a.Perhatikan pengunaan urutan bacaan,seperti "selanjutnya","langkah","pertama","kedua" dan sebagainya
b.Carilah kata yang dicetak miring ataupun yang dicetak tebal.

B.Teknik Meningkatkan Membaca Cepat
Untuk dapat meningkatkan kecepatan membaca seseorang dapat dilakukan dengan beberapa teknik dibawah ini :

1.Konsentrasi Penuh
Untuk dapat mengambil ide pokok maupun informasi yang kita cari maka diperlukan konsentrasi penuh agar ide pokok atau informasi yang kita cari dapat lebih mudah ditemukan. Sebab,jika kita tidak menggunakan konsentrasi penuh saat membaca,besar kemungkinan kita akan melupakan apa yang sudah kita baca tadi

2.Duduk Tegap dan Santai
Duduk Tegap diperlukan agar kita dapat lebih jelas melihat bacaan,sebab jika kita duduk dengan membungkuk maka tubuh kita dapat menghalangi cahaya kearah bacaan yang nantinya akan berakibat pada kecepatan membaca kita. Duduk Santai diperlukan agar kita tidak tegang saat membaca,hal ini dimaksudkan agar kita tidak lupa pada apa yang kita baca.

3.Tidak Menggerak-gerakkan anggota tubuh
Jika kita menggerak-gerakkan anggota tubuh,hal ini dapat menggangu konsentrasi kita dalam membaca,sebab tubuh melakukan tugas lain selain membaca.

4.Tidak Menunjuk Bacaan
Jangan pernah menunjuk bacaan,karena selain menghalangi cahaya yang masuk ke bacaan,kita jadi cenderung mengikuti jari daripada memperhatikan ide-ide pokok ataupun informasi yang kita cari.

5.Tidak Melakukan Regresi
Regresi adalah membaca kembali materi yang sudah lewat,untuk memastikan apakah yang kita baca sudah benar. Hindari hal ini,sebab ini akan membuang waktu anda. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melatih kecepatan dan kefokusan mata agar bisa memastikan bacaan yang sudah anda baca benar adanya,selain itu dapat diatasi dengan memperkaya kata-kata bahasa Indonesia yang kita ketahui agar tidak binggung.

6.Tidak Menggunakan Mulut
Jangan membaca sekaligus berbicara,selain menggangu konsentrasi,anda pernah mendengar "Kita tidak bisa melakukan dua hal secara bersamaan dengan baik" maka dari itu lakukan membaca dalam hati.

7.Jarak mata dengan bacaan minimal 30cm
Ini merupakan jarak fokus mata terbaik. Tulisan tidak akan terlalu kecil,dan juga tidak akan terlalu besar sehingga kita dapat membaca dengan lebih cepat.

8.Abaikan kata-kata bersifat mengulang
Kata-kata seperti di,dari,pada,se,dan sebagainya sebaiknya dihindari saja agar dapat menghemat waktu dalam membaca.

C.Tingkat Kecepatan Membaca
Tingkat Kecepatan Membaca tergantung pada jenjang pendidikan seseorang berikut adalah tingkat kecepatan membaca berdasarkan jenjang pendidikan :
*SD/SMP 200 Kpm (Kata Per Menit)
*SMA 250 Kpm (Kata Per Menit)
*Mahasiswa 325 Kpm (Kata Per Menit)
*Pasca Sarjana 400 Kpm (Kata Per Menit)
*Orang Dewasa tidak sekolah 200 Kpm (Kata Per Menit)

D.Rumus Menghitung kecepatan Membaca
Berikut adalah rumus untuk menghitung kecepatan membaca seseorang :

Rumus :
Jumlah Kata yang dibaca/Jumlah waktu membaca *60 = Jumlah Kata per menit.

E.Pola Membaca Cepat
Proses dalam membaca cepat dapat dilakukan dalam berbagai pola. Pemilihan pola tersebut tergantung pada jenis bacaanya. Berikut adalah pola membaca

1.Bentuk Zig-zag
Pola ini digunakan untuk teks yang sulit

2.Bentuk Spiral

Pola ini digunakan untuk teks yang agak sulit

3.Bentuk Diagonal atau Vertikal


Pola ini digunakan untuk teks yang mudah.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai teknik membaca cepat. Bagaimana anda sekarang sudah mengetahui bagaimana cara membaca cepat bukan? Semoga artikel ini dapat membantu pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar