Protista Mirip Tumbuhan


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Protista Mirip Tumbuhan and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Apa sih itu Protista Mirip Tumbuhan ? Lalu mengapa diberi nama dengan Protista Mirip Tumbuhan kenapa tidak digabungkan dengan golongan Plantae (Tumbuhan) saja ?. Protista Mirip Tumbuhan memiliki nama lain yaitu Alga/Ganggang. Seperti yang kita ketahui bahwa protista merupakan organisme paling sederhana,nah kalau Protista Mirip Tumbuhan ini merupakan organisme sederhana yang memiliki kemiripan dengan tumbuhan. Ada beberapa alasan sehingga golongan Protista Mirip Tumbuhan dibedakan dengan golongan Tumbuhan. Sebelum kita membahas mengenai alasan mengapa Protista Mirip Tumbuhan dibedakan dengan Tumbuhan,mari kita terlebih terdahulu mengenala ciri - ciri dari Protista Mirip Tumbuhan ini :


Berikut adalah Ciri - ciri umum dari Protista Mirip Tumbuhan :

  1. Sel Bersifat Uniseluler dan Multiseluler yang masih sederhana
  2. Ukuran Mikroskopis dan Makroskopis
  3. Punya Dinding sel dan bersifat Eukariotik (Memiliki Membran Inti)
  4. Memiliki Kloroplas
  5. Cara Hidupnya : Fotoautotrof (Menghasilkan makanan sendiri)
  6. Habitatnya : Air,tanah yang lembab
  7. Reproduksi : Aseksual / Vegetatif (Pembelahan Biner,Fragmentasi) , Generatif / Seksual (Konjugasi)

Nah,dari ciri - ciri diatas bisa kita lihat persamaan dan juga perbedaan antara Protista Mirip Tumbuhan dengan Tumbuhan :

1.Persamaan

Persamaannya adalah sebagai berikut :

  1. Mempunyai Klorofil (Zat Hijau Daun)
  2. Dapat melakukan Fotosintesis

2.Perbedaan

Sedangkan perbedaannya adalah sebagai berikut :

  1. Alga atau Protista Mirip Tumbuhan tidak memiliki akar,Daun,ataupun batang

Itu tadi dia alasan mengapa Protista Mirip Tumbuhan tidak dimasukkan kedalam kingdom Plantae (Tumbuhan)

Alga dapat diklasifikasikan menjadi 5 filum,dasar klasifikasinya adalah pigmen yang dominan,keberadaan dan komponen penyusun dinding sel,jenis cadangan makanan yang disimpan,dan keberadaan flagela.

Berikut adalah kelima Filum tersebut :
1.Ganggang Keemasan (Chrysophyta)
2.Ganggang Hijau (Chlorophyta)
3.Ganggang Coklat (Phaeophyta)
4.Ganggan Merah (Rhodophyta)
5.Diatom (Bacillariophyta)

Dibawah ini adalah sedikit penjelasan mengenai ciri - ciri dari masing - masing filum dari ganggang :

1.Ganggang Keemasan (Chrysophyta)

Ganggang Keemasan memiliki pigmen Klorofil a dan c, Beta-Karoten,santofil. Habitat dari Ganggang Keemasan adalah Air Tawar dan juga air laut. Bentuk talus dari Ganggan Keemasan adalah batang atau seperti telapak tangan. Reproduksinya dibagi menjadi dua yaitu Aseksual (Zoospora berflagela banyak) dan Seksual ( Persatuan Sel Sperma dan Ovum). Dinding sel nya tersusun dari Kersik/silika. Ganggan keemasan memiliki peranan sebagai plankton,dan produsen di perairan laut.
Contoh : Navicula,Pinnularia,Synura

2.Ganggang Hijau (Chlorophyta)

Ganggang Hijau memiliki pigmen klorofil a,b,beta-karoten,santofil. Habitatnya 90% di air tawar dan 10% di air laut. Bentuk talus dari Ganggan Hijau adalah Benang,lembaran,dan bola. Reproduksinya dibagi menjadi dua yaitu secara aseksual (Zoospora) dan Seksual (Konjugasi). Dinding sel tersusun dari Selulosa. Peranan dari Ganggan Hijau adalah fitoplankton dalam ekosistem air,dan juga bisa digunakan sebagai bahan makanan.
Contoh : Chlorella,Ulva Spirogyra

3.Ganggang Coklat (Phaeophyta)

Ganggang Coklat memiliki pigmen klorofil a dan c, fukosantin,karoten,santofil. Habitatnya berada di pantai,air laut,dan air tawar. Bentuk talusnya adalah benang atau seperti tumbuhan tingkat tinggi. Dimana Reproduksinya dibagi menjadi dua yaitu secara aseksual ( Zoospora berflagela dua dan fragmentasi) dan secara seksual ( Isogami/oogami). Dinding selnya tersusun atas selulosa,dan asam alginat. Peranan ganggang coklat dalam kehidupan adalah sebagai fitoplankton dalam ekosistem air,asam aglinat untuk industri makanan,farmasi,dan juga pupuk.
Contoh : Turbinaria,Fucus,Sargassum

4.Ganggang Merah ( Rhodophyta)

Ganggang Merah memiliki pigmen klorofil a dan b,karotenoid,fikosianin,dan fikoeritrin. Habitatnya berada pada air tawar dan air laut. Bentuk Talus dari Ganggang merah adalah benang atau seperti tumbuhan tingkat tinggi. Ganggang Merah bereproduksi secara aseksual (Spora haploid) dan Seksual (Persatuan sel spermatium dan karpogium). Dinding sel nya tersusun atas manan dan xilan. Peranan ganggang merah dalam kehidupan adalah sebagai bahan agar-agar dan juga sup.
Contoh : Gracilaria,Gellidium,Eucheuma

5.Diatom ( Bacillariophyta)

Diatom memiliki pigmen klorofil a dan c,karotenoid,fukosatin,diatoksantin,diadinoksantin. Habitatnya berada pada air tawar dan juga air laut. Bentuk talusnya terdiri dari dua bagian epiteka dan hipoteka. Reproduksinya dibagi menjadi dua yaitu secara aseksual (Pembelahan Hipoteka dan epiteka) dan secara seksual (Persatuan sel sperma dan ovum). Dinding selnya tersusun atas silika (kersik). Peranan diatom dalam kehidupan adalah sebagai bahan isolasi,penyekat dinamit,dan juga penggosok
Contoh : Actinastrum,Desmidium,Bacteriastrum

Sedikit saya tambahkan beberapa alga yang berperan dalam kehidupan manusia baik yang merugikan ataupun menguntungkan :

1.Menguntungkan
  1. Chlorella sp. (Chlorophyta) : Sebagai Protein sel tunggal diproduksi menjadi makanan suplemen ataupun kosmetik
  2. Macrocystis (Phaeophyta) : Pembentuk Hutan Kelp
  3. Eucheuma Spinosum (Rhodophyta) : Bahan Agar-agar,jeli,es krim,dan campuran kue kering. diolah menjadi makanan dan minuman
  4. Ulva sp. (Chlorophyta) : Dimanfaatkan sebagai sayuran

2.Merugikan
  1. Pfiesteria : Menghasilkan racun saraf yang menyebabkan kerusakan otak pada orang yang mengkonsumsi hewan laut yang terakumulasi racun

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai protista mirip tumbuhan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian ya... Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel - artikel menarik dari kami selanjutnya :D

Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar