Morfologi Dasar Laut


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Morfologi Dasar Laut and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Sama seperti bentuk muka bumi yang ada di daratan seperti dataran rendah,dataran tinggi,pengunungan,bukit,lembah dan sebagainya,maka hal ini pun dapat kita temui dilautan,tentunya dengan nama dan istilah yang berbeda :v. bentuk relief yang terdapat pada lautan disebut dengan Morfologi Dasar Laut. Morfologi Dasar laut digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu

A.Paparan Benua (Continental Shelf)
Paparan benua adalah dasar lautan yang dangkal yang kedalamannya tidak lebih dari 200 m. Sebenarnya paparan benua merupakan bagian dari daratan benua yang tergenang air laut. Paparan Benua terletak di sepanjang pantai suatu benua. Contoh dari Paparan Benua adalah :
*Paparan Sunda
*Dangkalan Laut Utara
*Dangkalan Sahul,dan lain-lain.

B.Lereng Benua (Continental Slope)
Lereng Benua adalah sambugan dari Paparan Benua. Kedalaman Lereng Benua sekitar 200-1800 Meter. Lereng Benua adalah bidang miring yang memisahkan antara Paparan Benua dengan Laut dalam,dengan kemiringan sekitar 1-35 derajat.

C.Palung Laut
Palung laut adalah dasar laut yang sangat dalam,sempit,terjal,memanjang dan gelap. Palung Laut dibedakan menjadi dua jenis yaitu Palung Laut berbentuk huruf U (Trough),dan Palung Laut berbentuk huruf V (Trench). Jika dibandingkan dengan daratan,Palung Laut merupakan lembahnya lautan. Contoh Palung Laut yang ada di Dunia :
*Palung Laut Mindanao (10.830m)
*Palung Laut Sunda (7.450m)
*Palung Laut Jepang (9.435m)
*Palung Laut Puerto Ricco (9.175m)
*Palung Laut Barlett (7.204m)

D.Cekungan Laut (Basin)
Cekungan Laut adalah dasar laut yang dalam dan melebar berbentuk oval menyerupai mangkok yang besar. Contoh dari Cekungan Laut adalah :
*Cekungan Laut Baltik
*Cekungan Laut Banda
*Cekungan Laut Sulawesi
*Cekungan Laut Sulu
*Cekungan Laut Canary

E.Punggung Laut (Ridge)
Punggung Laut adalah rangkaian pengunungan yang ada di dasar laut. Contoh dari Punggung Laut adalah :
*Punggung Laut Sibolga

F.Guyot
Guyot adalah Gunung di dasar laut yang puncaknya datar.

G.Seamount
Seamount adalah Gunung didasar laut yang memiliki lereng yang curam dan puncak gunung yang runcing,ketinggian Seamount dapat mencapai 1000 m lebih namun tidak akan sampai ke permukaan laut. Contoh dari Seamount adalah :
*St.Helena,Azores da Ascension di laut Atlantik.

H.Gunung Laut
Gunung Laut adalah gunung yang terdapat dilautan dimana kaki dari gunung tersebut berada di lautan,namun puncak dari gunung tersebut berada di atas permukaan laut. Contoh dari Gunung Laut adalah : Gunung Krakatau.

I.Ambang Laut
Ambang Laut adalah pegunungan yang berada di dasar laut yang terletak diantara laut dalam. Contoh dari Ambang Laut adalah : Ambang Laut Sulu,Ambang Laut Sulawesi

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai Morfologi Dasar Laut. Bagaimana sekarang anda sudah lebih mengerti bukan dengan Morfologi Dasar Laut? Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian dalam lebih memahami mengenai Morfologi Dasar Laut. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar