Arti Kode Plastik dan Kegunaanya


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Arti Kode Plastik dan Kegunaanya and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Bagi anda yang suka meminum minuman kemasan,seperti coca-cola,sprite,aqua,dan lain sebagainya pasti pernah menemukan lambang seperti gambar segitiga dengan 3 anak panah dan ditengahnya terdapat nomor-nomor. Terkadang jika dilihat antara satu dengan yang lain lambang-lambang tersebut memiliki nomor ditengah yang berbeda. Namun,tahukah anda bahwa sebenarnya lambang-lambang tersebut memiliki arti dan maksud sehingga diletakkan pada botol-botol minuman ataupun kemasan-kemasan plastik.


Lambang pada kemasan tersebut hanya digunakan untuk bahan-bahan atau kemasan yang terbuat dari plastik dan disebut dengan Kode Plastik. Lambang-lambang atau kode tersebut tadi dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1998 di Amerika Serikat,agar para pengguna atau pemakai dari plastik tersebut mengetahui bahan kimia apa yang digunakan dan bagaimana cara untuk menggunakannya.

Berikut ini adalah ketujuh jenis plastik yang sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari :

1.PET (polyethylene terephthalate)


Jenis Plastik pertama yang sering digunakan oleh manusia adalah PET. Biasanya plastik jenis ini ditemukan pada botol-botol minuman kemasan. Plastik ini berwarna transparan. Plastik jenis ini hanya diperuntunkan untuk Sekali Pakai saja,pengunaan secara berulang akan meningkatkan resiko pertumbuhan bakteri. Jika plastik jenis ini digunakan untuk menyimpan air panas,maka dapat menimbulkan munculnya zat karsinogenik yaitu zat yang dapat menyebabkan kanker dikarenakan lapisan polimer yang terdapat pada botol akan melelah dan akhirnya mengeluarkan zat karsinogenik tadi.

2.HDPE (high density polyethylene)


Jenis Plastik kedua yang sering digunakan oleh manusia adalah HDPE. HDPE merupakan jenis plastik kaku dan merupakan salah satu jenis plastik yang paling aman untuk digunakan. Plastik jenis ini biasanya digunakan untuk Galon Air Minum,Botol Susu,Botol Deterjen dan lain sebagainya. Pada plastik HDPE ini mampu mencegah reaksi kimia antara plastik dengan makanan/minuman yang dikemasnya. Plastik HDPE ini merupakan jenis plastik yang paling sering didaur ulang. Walaupun begitu HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pakai saja. 

3.PVC (polyvinyl chloride)


Jenis Plastik ketiga yang sering digunakan oleh manusia adalah PVC. PVC merupakan jenis plastik yang sangat sulit untuk didaur ulang. PVC ini biasanya digunakan untuk pelindung kabel dan pipa plastik dikarenakan sifatnya yang tahan terhadap sinar matahari. Plastik ini sangat berbahaya untuk kesehatan sehingga untuk dapat memakainya harus digunakan dengan bijak. Untuk menyimpan makanan sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan plastik jenis ini

4.LDPE (low density polyethylene)


Jenis Plastik keempat yang sering digunakan oleh manusia adalah LDPE. Plastik ini terbuat dari minyak bumi dan biasanya digunakan untuk kantong plastik,tempat makanan,botol-botol yang lembek dan lain sebagainya. Plastik jenis ini cenderung aman digunakan untuk menyimpan makanan karena racun yang terdapat pada plastik ini sangat sedikit.

5.PP (Polipropilen)


Jenis Plastik kelima yang sering digunakan oleh manusia adalah PP. PP merupakan jenis plastik yang tangguh dan ringan serta memiliki ketahanan terhadap panas yang sangat baik. Berfungsi sebagai penghalang kelembapan,minyak,dan juga berbagai macam bahan kimia. Plastik jenis ini biasanya didapati pada Kotak-kotak makanan,sedotan,pita,tali dan lain sebagainya. Plastik ini merupakan plastik yang sangat baik untuk makanan dan juga berbagai macam kebutuhan dapur.


6.PS (polystyrene)


Jenis Plastik keenam yang sering digunakan oleh manusia adalah PS. PS merupakan jenis plastik yang berbahaya dan sebisa mungkin untuk dihindari,karena dapat menghambat pertumbuhan dan sistem syaraf,menggangu kesehatan otak. PS biasanya ditemukan pada Sterofoam atau tempat makanan yang biasa digunakan untuk membungkus makanan. Untuk mendaur ulang plastik jenis ini dibutuhkan waktu yang sangat lama dan tidak sebentar. Plastik ini jika dibakar akan mengeluarkan api berwarna kuning jingga.

7.Other (PC - polycarbonate, SAN - styrene acrylonitrile, ABS - acrylonitrile butadiene styrene, dan Nylon)


Plastik jenis PC hanya boleh dipakai sekali pakai saja karena sesudahnya dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan tubuh. Sedangkan untuk plastik jenis SAN dan ABS cenderung aman untuk digunakan sebagai tempat makanan. PC biasanya digunakan untuk membuat galon air mineral 19 Liter,Botol Susu Bayi,Botol air minum dan sebagainya. PC memiliki sifat mudah pecah,ringan,jernih,dan secara termal sangat stabil.

Berikut adalah tabel kode Platik dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)


Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai Arti dari Kode Plastik dan kegunaanya serta bahayanya. Bagaimana anda sekarang sudah tahu bukan plastik mana saja yang aman untuk dibuat sebagai kemasan makanan? Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam lebih memahami maksud dari lambang yang ada pada kemasan plastik. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar