Tingkatan Takson dalam Klasifikasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Tingkatan Takson dalam Klasifikasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Dalam Klasifikasi mahluk hidup dalam Ilmu Biologi,terdapat apa yang disebut dengan Tingkatan Takson. Tingkatan Takson sendiri mempunya arti Tingkatan unit atau kelompok mahluk hidup yang disusun mulai dari tingkat yang paling tinggi ke tingkat yang paling rendah. Semakin tinggi tingkatan takson,maka semakin banyak pula anggota dari tingkatan takson tersebut sekaligus semakin banyak perbedaan ciri-ciri diantara anggotanya. Semakin rendah tingkatan takson,maka semakin sedikit pula anggota dari tingkatan takson tersebut sekaligus semakin banyak persamaan ciri-ciri di antara anggotanya. Berikut ini adalah tingkatan takson yang kita kenal sekarang yaitu Kingdom (Kerajaan),Filum/Divisi,Kelas,Ordo (Bangsa),Famili/Suku,Genus (Marga),Spesies. Berikut penjelasan masing-masing tingkatan takson


1.Kingdom (Kerajaan)
Kingdom merupakan tingkatan takson yang tertinggi,sekaligus mempunyai jumlah anggota takson yang terbesar. Organisme di bumi hingga saat ini dikelompokkan menjadi 6 Kingdom yaitu :
a.Kingdom Archaebacteria (Bakteri)
b.Kingdom Eubacteria (Bakteri)
c.Kingdom Protista
d.Kingdom Fungi (Jamur)
e.Kingdom Plantae (Tumbuhan)
f.Kingdom Animalia (Hewan)

2.Filum/Divisi
Filum merupakan tingkatan takson yang diperuntukan untuk hewan,sedangkan divisi tingkatan takson yang diperuntunkan untuk tumbuhan. Kingdom Animalia dibagi menjadi beberapa filum,diantaranya filum Chordata,Filum Echinodermata (Hewan berkulit duri),dan Filum Platyhelminthes (Cacing Pipih). Nama divisi pada tumbuhan selalu menggunakan -phyta,contoh Bryophyta (Tumbuhan Lumut),dan Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji).

3.Kelas
Jerapah dan Singa merupakan satu kelas yaitu Mamalia (Binatang Menyusui) [Termasuk Manusia]

Anggota takson yang terdapat dalam filum/divisi dibagi lagi menjadi kelas berdasarkan persamaan ciri-ciri tertentu. Nama kelas tumbuhan menggunakan akhiran yang berbeda-beda antara lain -edoneae (Untuk tumbuhan berbiji tertutup),-opsida (Untuk Lumut).

4.Ordo (Bangsa)
Anggota takson yang terdapat pada tingkatan kelas dibagi lagi menjadi Ordo berdasarkan persamaan ciri-ciri yang lebih khusus. Nama ordo pada bangsa tumbuhan biasanya menggunakan akhiran -ales.

5.Famili/Suku


Kucing dan Harimau merupakan satu Famili yang tergabung dalam Famili Felidae
Anggota takson yang terdapat pada tingkatan Ordo dibagi lagi menjadi Famili berdasarkan persamaan ciri-ciri tertentu. Kata Famili berasal dari Bahasa latin yaitu familia. Nama Famili pada tumbuhan biasanya menggunakan akhiran -aceae,Contohnya Solanaceae. Namun ada pula yang tidak memakai akhiran -aceae,contohnya Compositae. Sedangkan nama famili pada hewan menggunakan akhiran kata -idae,contohnya Homonidae (Manusia),Felidae (Kucing), dan Canidae (Anjing).

6.Genus (Marga)
Anggota takson yang terdapat pada tingkatan Famili dibagi lagi menjadi beberapa genus berdasarkan persamaan ciri-ciri tertentu yang semakin khusus. Cara penulisan nama pada Genus,yaitu huruf besar pada kata pertama dan dicetak miring atau digaris bawahi,sebagai contoh,famili Poaceae terdiri atas genus Triticum (Gandum),Oryza(Padi-padian),Zea (jagung),dan Saccharum (Tebu).

7.Spesies
Spesies merupakan tingkatan takson yang paling dasar atau yang paling rendah. Anggota takson spesies memiliki persamaan yang paling banyak antar anggotanya. Nama spesies terdiri dari dua kata,kata pertama menujukkan nama genusnya,dan kata kedua menunjukkan kata spesifiknya.

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai Tingkatan Takson dalam klasifikasi. Bagaimana sekarang sudah mengerti bukan? Semoga sudah ya :D. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam lebih mengerti mengenai Tingkatan Takson. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang bermanfaat dan menarik selanjuntya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar