Siklus Hidrologi (Siklus Air)


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Siklus Hidrologi (Siklus Air) and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Air merupakan senyawa penting yang berada di muka bumi ini. Tanpa air kehidupan mahluk hidup di bumi tentu akan punah,karena seperti yang kita ketahui bersama semua mahluk hidup butuh air tak terkecuali manusia. Manusia sendiri membutuhkan air 60-70% dari berat tubuh yang artinya 2/3 tubuh manusia adalah air. Air yang ada di bumi ini sebenarnya tidak pernah habis dan memiliki jumlah yang tetap,hanya saja mengapa ada yang disebut dengan krisis air? Maksud dari krisis air adalah kekurangan air bersih,namun sebenarnya jumlah air didunia tetap (Termasuk air kotor dan lain sebagainya). Nah,air pun memiliki siklus yang disebut dengan Siklus Hidrologi (Siklus Air). Lalu apakah yang dimaksud dengan Siklus Hidrologi sebenarnya? Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan dibawah ini


A.Pengertian
Siklus Hidrologi (Siklus Air) adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer.

B.Macam-macam Siklus Hidrologi (Siklus Air)
Siklus Air dibedakan menjadi 3 macam yaitu :

a.Siklus Kecil
Yaitu,Air laut menguap kemudian menjadi uap gas akibat panas matahari,kemudian terjadi kondensasi dan pembentukan awan,kemudian turun sebagai hujan di permukaan laut.

b.Siklus Sedang
Yaitu,air laut menguap kemudian menjadi uap gas akibat panas matahari. Kemudian terjadi kondensasi dan terbawa angin ke daratan,lalu membentuk awan diatas daratan dan kemudian turun sebagai hujan di daratan yang masuk ke tanah,selokan,sungai yang akhirnya kembali lagi ke laut.

c.Siklus Besar
Yaitu,air laut menguap kemudian menjadi uap gas akibat panas matahari. Kemudian membentuk awan yang mengandung kristal-kristal es,terbawa angin kedaratan yang tinggi,jatuh sebagai salju dan membentuk Glester,kemudian masuk ke sungai dan pada akhirnya kembali lagi ke laut.

C.Proses Terjadinya Siklus Air
Terjadinya siklus air disebabkan oleh karena adanya proses-proses berikut yang mengikuti gejala meteorologis,dan klimatologis sebagai berikut :

a.Evaporasi
Evaporasi adalah proses perubahan air menjadi gas pada lingkungan abiotik.

b.Transpirasi
Transpirasi adalah proses pelepasan uap air dari tumbuh-tumbuhan melalui stomata dan juga lentisel

c.Evapotranspirasi
Evapotranspirasi adalah gabungan dari proses Evaporasi dan Transpirasi

d.Adveksi
Adveksi adalah Transportasi panas dan uap air dari satu lokasi kelokasi yang lain oleh gerakan udara mendatar (Horizontal)

e.Konveksi
Konveksi adalah Transportasi panas dan uap air dari satu lokasi kelokasi yang lain oleh gerakan udara menaik (Vertikal)

f.Kondensasi
Kondensasi adalah proses perubahan uap air menjadi air akibat pendinginan

g.Presipitasi
Presipitasi adalah Segala bentuk curahan dari atmosfer ke permukaan bumi yang meliputi hujan air,hujan es,dan salju

h.Kristalisasi
Kristalisasi adalah Proses pembentukan kristal-kristal es diatas laut.

i.Gletser
Gletser adalah Lapisan es yang bergerak menuruni lereng di pengunungan

j.Infiltrasi
Infiltrasi adalah Perembesan atau masuknya air kedalam tanah melalui pori-pori tanah secara vertikal

k.Run Off
Run Off adalah pegerakan aliran air pada pemukaan tanah melalui sungai dan saluran air

l.Perkolasi
Pekolasi adalah perembesan atau masuknya air kedalam tanah melalui pori-pori tanah secara horizontal.

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai Siklus Hidrologi atau yang disebut juga dengan Siklus Air. Bagaimana anda sudah mengerti bukan bagaimana Siklus Air terjadi? Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam lebih memahami mengenai Siklus Air. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan juga bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar