Pengertian Reklamasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Reklamasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Palm Jumeriah di Dubai
Beberapa saat belakangan ini,banyak sekali pemberitaan di media-media elektronik atau media-media cetak tentang reklamasi. Banyak orang yang menolak reklamasi namun tak sedikit pula yang setuju dengan reklamasi. Namun sebenarnya apakah yang dimaksud dengan reklamasi itu? Reklamasi adalah Proses pembuatan daratan baru dari dasar laut maupun dari dasar sungai. Tanah yang digunakan untuk membuat reklamasi disebut dengan Tanah Reklamasi atau landfill. Reklamasi biasanya bertujuan agar untuk memperbaiki dan memulihkan kawasan yang berair yang rusak atau tidak berguna menjadi lebih baik dan bermanfaat. Namun tidak jarang juga bahwa reklamasi bertujuan untuk membuat lahan bagi perumahan baru,karena sudah sangat sempitnya lahan biasanya reklamasi dengan tujuan seperti dilakukan oleh negara-negara yang memiliki luas wilayah daratan yang kecil,misalnya seperti Negara Singapura. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai Reklamasi


A.Manfaat Reklamasi
Reklamasi tentu memiliki manfaat,berikut ini adalah manfaat dari reklamasi

1.Perluasan lahan
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumjnya bahwa tuuan dibuatnya reklamasi adalah untuk membuat lahan baru sehingga dapat mengatasi masalah keterbatasan lahan.

2.Memperbaiki Kondisi lahan
Kondisi lahan yang rusak sebelum direklamasi dapat sedikit demi sedikit diperbaiki dengan adanya reklamasi.

Selain dari kedua manfaat diatas,reklamasi dengan perencanaan yang matang dapat menimbulkan berbagai manfaat yang positif seperti :
*Daerah yang dilakukan reklamasi menjadi terlindung dari erosi karena konstruksi pengaman sudah disiapkan sekuat mungkin untuk dapat menahan gempuran ombak laut.
*Daerah yang ketinggiannya di bawah permukaan air laut bisa terhindar dari banjir apabila dibuat tembok penahan air laut di sepanjang pantai.
*Tata lingkungan yang bagus dengan peletakan taman sesuai perencanaan dapat berfungsi sebagai area rekreasi yang sangat memikat pengunjung. Hal ini bisa membuka mata pencaharian baru bagi warga sekitar.
*Pesisir pantai yang sebelumnya rusak, menjadi lebih baik dan bermanfaat.

B.Dampak Reklamsi
Namun jika reklamasi dilakukan dengan perencanaan yang tidak matang,maka dapat menimbulkan dampak yang negatif,seperti :
*Peninggian muka air laut karena area yang sebelumnya berfungsi sebagai kolam telah berubah menjadi daratan.
*Akibat peninggian muka air laut maka daerah pantai lainnya rawan tenggelam. Setidaknya, air asin laut yang naik ke daratan membuat banyak tanaman yang mati, mematikan area persawahan dari fungsi untuk bercocok tanam. Hal ini banyak terjadi di wilayah pedesaan pinggir pantai.
*Rusaknya tempat hidup hewan dan tumbuhan pantai sehingga keseimbangan alam menjadi terganggu. Apabila gangguan dilakukan dalam jumlah besar maka dapat memengaruhi perubahan cuaca serta kerusakan planet Bumi secara signifika

C.Proses dan Metode Reklamasi
Ada 4 cara untuk dapat membuat sebuah reklamasi yaitu :

1.Sistem Timbunan
Reklamasi dilakukan dengan cara menimbun perairan pantai sampai muka lahan berada di atas muka air laut tinggi (high water level). Sistem timbunan dilakukan dengan dua cara, yaitu: (1) Hydraulic-fill: Tanggul dibuat terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan pengurugan, atau (2) Blanket-fill: Tanah diurug terlebih dahulu, kemudian baru tanggul dibangun/dibuat dalam galian pada tepi.

2.Sistem Polder
Reklamasi dilakukan dengan cara mengeringkan perairan yang akan direklamasi dengan memompa air yang berada di dalam tanggul kedap air untuk dibuang keluar dari daerah lahan reklamasi. Lahan polder dibagi menjadi berpetak-petak, dengan parit-parit untuk mengalirkan air menuju parit utama, yang kemudian dipompa ke dareah yang lebih tinggi dan dibuang ke laut. Bangunan tanggul dibuat di sekeliling lahan polder untuk melindungi lahan polder tersebut agar air tidak masuk ke daerah tersebut. Metode ini dapat digunakan dengan menggunakan backhoe dredger dan cutter suction dredger.

3.Sistem Kombinasi antara Polder dengan Timbunan
Reklamasi ini merupakan gabungan sistem polder dan sistem timbunan, yaitu setelah lahan diperoleh dengan metode pemompaan, lalu lahan tersebut ditimbun sampai ketinggian tertentu sehingga perbedaan elevasi antara lahan reklamasi dan muka air laut tidak besar.

4.Sistem Drainase
Reklamasi sistem ini dipakai untuk wilayah pesisir yang datar dan relatif rendah dari wilayah di sekitarnya tetapi elevasi muka tanahnya masih lebih tinggi dari elevasi muka air laut.

D.Proyek Reklamasi yang terkenal di Dunia
1.Palm Jumeirah di Dubai

Palm Jumeirah merupakan salah satu contoh Reklamasi

Kota yang paling berani mengadakan proses reklamasi adalah Dubai, Uni Emirat Arab. Reklamasi Dubai yang pertama adalah Palm Jumeirah. Pulau buatan berbentuk pohon palem ini memiliki luas 572.1 ha. Lahan yang dibuat terpisah dari pesisir, dengan bentuk yang dibuat cantik.

2.Reklamasi Singapura
Dengan luas wilayah daratan Singapura yang kecil,dan juga membludaknya jumlah penduduk,maka Singapura akhirnya melakukan reklamasi. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Sentosa. Pulau ini dulunya dikenal sebagai Pulau Blakang Mati yang kemudian digabungkan dengan pulau-pulau kecil sekitarnya. Pulau Sentosa seluas 500 hektar ini menjadi pusat wisata yang menawarkan berbagai macam fasilitas hiburan seperti hotel, taman, villa, dan arena permainan.

3.Reklamasi Hongkong
Awalnya wilayah ini hanyalah pulau terpencil di Hongkong dan sepi penghuni. Lewat reklamasi di sebelah utara, timur dan timur laut Hongkong seluas 14 hektar, Tung Chung kini berubah wajah menjadi kota baru dengan magnet utamanya bandara international Hongkong dan wisata belanja. Area Tung Chung saat ini menjadi salah satu destinasi wisata utama di Hongkong. Citygate Outlets adalah magnet utama selain bandara international. Berada di jantung kota baru ini yang dihubungkan oleh MTR Tung Chung dan terminal bus, sehingga membuat Tung Chung menjadi mudah dikunjungi. Dikembangkan seluas 46,000 m2, pusat belanja ini menawarkan berbagai, hiburan, gerai makanan yang tersebar di lima lantai.

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan Reklamasi. Bagaimana,sekarang anda sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan Reklamasi? Jadi kalau dengar kata Reklamasi diberita anda sudah tahu artinya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermafaat selanjutnya :D

Terima Kasih Untuk :
Wikipedia Bahasa Indonesia [Reklamasi Daratan]

Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar