Teori Atom Niels Bohr


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Teori Atom Niels Bohr and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Hasil gambar untuk model atom niels bohr
Sebelum dikemukakannya Teori Atom Niels Bohr,sudah ada 3 teori yang sudah dikemukakan terlebih dahulu tentang atom. Ketiga teori itu adalah Teori Atom Dalton,Teori Atom Thomson (J.J Thomson),dan Teori Atom Rutherford (Ernest Rutherford). Nah,dari ketiga teori tersebut rupanya masih ada saja kelemahan dari ketiga teori tadi,sehingga terus dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai struktur atom. Kemudian munculah sebuah teori yang berasal dari seorang ilmuwan yang bernama Niels Bohr,teorinya dikenal dengan nama Teori Atom Niels Bohr. Berikut adalah model atom yang diajukan oleh Niels Bohr :


Niels Bohr mengajukan model atom sebagai berikut :
1.Dalam atom terdapat lintasan-lintasan tertentu tempat elektron dapat mengorbit inti tanpa disertai pemancaran atau penyerapan energi. Lintasan itu,yang juga disebut dengan kulit atom,adalah orbit berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu. Tiap lintasan ditandai dengan satu bilangan bulat yang disebut Bilangan kuantum utama (n),mulai dari 1,2,3,4 dan seterusnya,yang dinyatakan dengan lambang K,L,M,N,dan seterusnya.
Lintasan pertama,dengan n = 1,dinamai kulit K.
Lintasan kedua,dengan n = 2,dinamai kulit L,dan seterusnya.
Makin besar harga n (Makin jauh dari inti),makin besar energi elektron yang mengorbit pada kulit itu.

2.Elektron hanya boleh berada pada lintasan-lintasan yang diperbolehkan (lintasan yang ada),dan tidak boleh berada diantara dua lintasan. Lintasan yang akan ditempati oleh elektron bergantung pada energinya. Pada keadaan normal (tanpa pengaruh dari luar),elektron menempati tingkat energi terendah. Keadaan seperti itu disebut tingkat dasar (Ground State)

3.Elektron dapat berpindah dari satu kulit ke kulit lain disertai pemancaran atau penyerapan sejumlah tertentu energi. Perpindahan elektron ke kulit lebih luar akan disertai penyerapan energi. Sebaliknya,perpindahan elektron kekulit lebih dalam akan disertai pelepasan energi.

Model atom dari Niels Bohr ini dapat menjelaskan kelemahan dari teori atom Rutherford. Namun nantinya,Teori atom Niels Bohr ini disangkal lagi dengan adanya Teori atom Mekanika kuantum. Dimana pada Teori atom Mekanika Kuantum,tempat elektron tidak dapat ditentukan.

Berikut adalah gambar dari model atom Niels Bohr :

Hasil gambar untuk model atom niels bohr

Terlihat dari gambar diatas,elektron (bulatan warna merah) mempunyai orbit sendiri.

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai teori atom Niels Bohr. Semoga dengan adanya artikel ini,dapat membantu pembaca sekalian dalam memahami Teori Atom Niels Bohr. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel-artikel menarik dari kami selanjutnya... :D

Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar