Manajemen Proyek Sistem Informasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Manajemen Proyek Sistem Informasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Konsep Manajemen Proyek Sistem Informasi

Bagaimana konsep dasar manajemen proyek sistem informasi itu?

Lebih baik ketahui dulu apa itu proyek dan apa itu sistem informasi.

Proyek

Pengertian proyek adalah aktivitas yang melibatkan berbagai macam sumber daya yang dihimpun pada suatu entitas atau organisasi tertentu dalam rentang waktu tertentu untuk menjalankan aktivitas yang sudah ditetapkan sebelumnya yang bertujuan mencapai sasaran tertentu.

manajemen proyek sistem informasi

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi adalah sekumpulan elemen elemen yang antara satu dengan yang lainnya saling berhubungan dan membentuk kesatuan untuk mengintegreasikan data, memproses serta menyimpan dan mendistribusikan informasi.

Konsep Proyek Sistem Informasi

Dalam konsep dasar manajemen proyek sistem informasi, manajemen proyek yang efektif bisa dipengaruhi oleh 4 (empat) faktor utama yang terdiri atas :
  1. Manusia
  2. Produk
  3. Proses
  4. Proyek

#1. Manusia | Human

Didalam pekerjaan sistem informasi, faktor human (manusia) memiliki peranan yang sangat penting dalam kesuksesan manajemen proyek.

Faktor manusia yang berperan penting ini dinyatakan didalam model kematangan kemampuan manajemen manusia yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kesiapan suatu sistem informasi didalam memecahkan masalah dengan menjalankan kegiatan :
  • Seleksi (memilih, menerima)
  • Kinerja Manajemen
  • Pelatihan
  • Kompensasi
  • Pengembangan Karir
  • Organisasi
  • Perencanaan Kerja
  • Pengembangan Tim

#2. Produk | Product

Dalam pengembangan manajemen proyek sistem informasi, produk juga memiliki peranan dalam :
  • Penentuan ruang lingkup
  • Penentuan obyektif produk
  • Pendefinisian solusi alternatif

#3. Proses | Proccess

Pada faktor proses, perlu dipertimbangkan :
  • Kegiatan layar kerja dari suatu pengembangan software ditentukan
  • Bermacam tugas, milestone, produc kerja serta poin poin tentang quality assurance dibahas

#4. Proyek | Project

Pada faktor proyek, masalah hendaknya di antisipasi :
  • Biaya proyek mengalami pembengkakan dan jadwal penyelesaian proyek yang diperpanjang.
  • Permasalahan gagal atau tidaknya sebuah proyek
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar