Penjelasan Arti Lambang / Logo Kota Bengkulu


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Penjelasan Arti Lambang / Logo Kota Bengkulu and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Lambang Daerah Kota Bengkulu ialah berbentuk perisal yang menyerupai jantung bersudut 5 (lima) dengan warna dasar hijau muda dan garis lis kuning melingkari dekat pinggir perisai.
Makna dari perisai menyerupai jantung ialah melambangkan daerah Kota Bengkulu sebagai jantung (pusat) bagi Propinsi Bengkulu dengan senantiasa kesiapsediaan dan keberanian masyarakat daerah Kota Bengkulu untuk mempertahankan kejayaan dan kemakmuran daerah.
Arti Lambang / Logo Kota Bengkulu

Makna 5 (lima) sudut dari perisai, melambangkan dasar yang ditaati dan akan dipertahankan oleh masyarakat daerah Kota Bengkulu ialah falsafah negara yaitu Pancasila.

Didalam lingkaran perisai terdapat lukisan-lukisan yang merupakan unsur-unsur lambang tersebut sebagai berikut :

· Nama “KOTA BENGKULU” ditulis pada pitah putih dengan huruf hitam, melambangkan tekat dari rakyat guna memperjuangkan suatu cita-cita suci untuk kepentingan bersama.

· Bintang bersudut 5 (lima) melambangkan keyakinan/kepercayaan penduduk Kota Bengkulu kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta melambangkan harapan yang positif kepada keselamatan/kebahagiaan lahir dan batin.

· Pedang dua bersilang, melambangkan bahwa suatu senjata ampuh yang dipakai dan dipergunakan oleh para hulubalang/prajurit dalam membasmi musuh kerajaan/pemerintahan sejak zaman dahulu pada zaman kerajaan Ratu Agung.

· Cerana (tempat sirih) beserta alat-alat bunyian (gendang panjang dan serunai) melambangkan bahwa masyarakat daerah Kota Bengkulu mempunyai adat lembaga/kebudayaan yang khas.

· Laut : 8 (delapan) jajaran gelombang laut, Daerah Kota Bengkulu geografisnya terletak di pinggir Laut Samudera Indonesia yang kaya dengan ikan dan hasil-hasil laut lainnya dan mempunyai tempat-tempat rekreasi yang indah permai di sepanjang pantai terkenal diberi nama “Pantai Putri Gading Cempaka” yang diberi nama tersebut untuk mengingatkan seorang putri kerajaan yang cantik paras dan budi pekerti yaitu putri ketujuh dari Raja Ratu Agung dari Kerajaan Kota Selapan Bengkulu.

· Setangkai Padi dan Daun Kelapa, Selain dari hasil laut, Kota Bengkulu juga dapat menghasilkan hasil bumi lainnnya seperti padi, kelapa, buah-buahan dan sebagainya.
Ketentuan Warna
1. Dasar lambang berwarna hijau muda
2. Garis lis pinggir berwarna kuning
3. Pita berwarna putih dan nama Kota Bengkulu berwarna hitam
4. Pedang berwarna putih asli dengan hulunya berwarna hitam asli
5. Cerana, gendang dan serunai berwarna kuning tembaga (warna asli)
6. Padi (setangkai padi) berwarna kuning emas
7. Pelepah daun kelapa berwarna hijau tua
8. Bintang berwarna kekuning-kuningan emas

Arti Warna
1. Warna hijau berarti kesuburan
2. Warna kuning emas/kuning tembaga berarti luhur/agung
3. Warna putih berarti toleransi/suci
4. Warna hitam berarti kesatuan tekat dan bulat
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar