Pengertian Simbol Bahan Kimia


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Simbol Bahan Kimia and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!



Bahan kimia pada umumnya memiliki bahaya tersendiri. Bahaya tersebut dapat berupa memiliki racun, mudah terbakar, korosif, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dibuatlah simbol tertentu pada bahan kimia agar kita tahu apa bahaya dari bahan kimia tersebut. Berikut ini adalah penjelasan serta pencegahan dari tiap simbol bahan kimia.

Simbol Bahan Kimia

1.Eksplosif (E= explosive)




Arti dari simbol ini adalah bahan kimia tersebut mudah meledak. Untuk menghindari ledakan dari bahan kimia tersebut maka kita harus menghindari bahan tersebut dari benturan, tabrakan, guncangan, api, dan panas. Contoh bahan kimia yang memiliki simbol ini adalah : Amonium dikromat, dan nitroselulosa.

2.Mudah Terbakar (F= flammable)



Arti dari simbol ini adalah bahan kimia tersebut mudah terbakar. Untuk menghindari terbakarnya bahan tersebut maka bahan tersebut harus terhindar dari kontak dengan udara atau air. Contoh bahan kimia yang memiliki simbol ini adalah : Butana, propana, aseton, benzena, dan dietil eter.

3.Beracun (T = Toxic)




Arti dari simbol ini adalah bahan kimia tersebut beracun. Untuk menghindari resiko terkena racunnya, maka usahakan bahan tersebut jangan sampai kontak langsung dengan tubuh. Contoh bahan kimia yang memiliki simbol ini adalah : Arsen, dimetil, sulfat, dan timbel.

4.Korosif (C= Corrosive)



Arti dari simbol ini adalah bahan kimia tersebut bersifat korosif atau dapat dengan mudah menyebabkan pengikisan. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka hindari kontak langsung dengan tubuh. Contoh dari bahan kimia yang memiliki simbol ini adalah : Asam sulfat dan Brom.

5.Berbahaya (H= Harmful)




Arti dari simbol ini adalah bahan kimia tersebut berbahaya atau bisa jadi sangat berbahaya. Jangan sampai bahan ini kontak langsung dengan tubuh, serta jangan menghirup uap yang dihasilkan oleh bahan ini. Contoh dari bahan kimia yang memiliki simbol ini adalah : Piridin, dan trikloroetilena.

6.Oksidator (O= Oxidizing)




Arti dari simbol ini adalah bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kebakaran saat panas ketika kontak dengan bahan organik atau pereduksi. Agar terhindar dari kebakaran maka bahan ini harus dijauhkan dari panas. Contoh dari bahan kimia yang memiliki simbol ini adalah : Natrium peroksida, dan kalium perklorat.

Itu tadi penjelasan mengenai simbol bahan kimia. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat pembaca lebih berhati-hati ketika berhadapan dengan berbagai bahan kimia.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
TIM ABDI GURU. 2016. IPA TERPADU Jilid 1 Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Erlangga
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar