Pengertian Satuan Baku dan Satuan Tak Baku


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Satuan Baku dan Satuan Tak Baku and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!



Ada 2 macam satuan yang kita biasa gunakan, yaitu satuan baku dan satuan tak baku. Kedua macam satuan ini memiliki pengertian dan alat ukur yang berbeda. Lalu, apakah pengertian dari satuan baku dan satuan tak baku? Berikut ini adalah penjelasannya.


Pengertian Satuan Baku dan Satuan Tak Baku

A.Satuan Baku


Satuan baku adalah satuan yang ditetapkan dan disepakati secara internasional dalam melakukan pengukuran, karena hasil pengukurannya selalu tetap untuk setiap orang. Satuan baku dapat digunakan untuk memeriksa ketepatan suatu instrumen. Contoh daripada satuan baku adalah : meter, kilogram, sekon, dan lainnya.

B.Satuan Tak Baku


Satuan tak baku adalah satuan yang sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengukur dan hasil pengukurannya tidak selalu tetap untuk semua orang. Misalnya, untuk mengukur panjang digunakan jengkal tangan, ataupun langkah kaki. Besar jengkal tangan ataupun langkah kaki setiap orang tentu tidak sama. Oleh karena itu, satuan tak baku tidak dapat digunakan untuk memeriksa ketepatan suatu instrumen.

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian satuan baku dan satuan tak baku. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memperkaya ilmu pembaca.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar