Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Lambang Burung Garuda
Sebagai bangsa Indonesia tentu kita tahu bahwa semboyan bangsa kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Ungkapan ini sudah sejak awal kemerdekaan dipakai menjadi semboyan bangsa Indonesia. Lalu, apakah arti dan makna dari ungkapan Bhinneka Tunggal Ika? Berikut ini adalah penjelasannya.

A.Pengertian Bhinneka Tunggal Ika
Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia. Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika dapat ditemukan dalam Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular pada abab XIV pada masa kerajaan Majapahit. Ungkapan ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang secara harfiah memiliki arti bhinneka (beragam), tunggal (satu), dan ika (itu) yaitu beragam satu itu. Secara keseluruhan, Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti "Berbeda-beda tetapi tetap satu".

B.Makna Bhinneka Tunggal Ika
Bhinneka Tunggal Ika mengandung makna walaupun bangsa dan negara Indonesia memiliki suku bangsa yang bermacam-macam dengan kebudayaan dan adat istiadat yang beraneka ragam, serta beraneka ragam kepulauan, namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan, yaitu bangsa dan negara Indonesia. Keanekaragaman tersebut bukanlah perbedaan yang bertentangan, namun justru keanekaragaman itu dapat memperkaya khasanah bangsa yang jika dibina akan memperkokoh kekuatan bangsa.

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian dan makna dari semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memperkaya pengetahuan pembaca mengenai Bhinneka Tunggal Ika.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
1.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.https://id.wikipedia.org/wiki/Bhinneka_Tunggal_Ika 
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar