Pengertian dan Jenis-Jenis Data


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian dan Jenis-Jenis Data and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Dalam mencapai tujuan penelitian, seorang peneliti harus mengumpulkan data yang benar, sehingga tujuan penelitian dapat dicapai. Maka dari itu, pengumpulan data merupakan salah satu langkah penting dalam penelitian.

Dikarenakan data merupakan hal yang penting dalam penelitian, maka kita harus mengenal lebih jauh apa itu data dan jenis-jenisnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian data dan jenis-jenis data.

A.Pengertian Data
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) data adalah keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).

B.Jenis-Jenis Data
Data memiliki banyak jenis, dan dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis data.

1.Jenis Data Menurut Cara Perolehannya
Menurut cara perolehannya data dapat dibedakan menjadi 2, yaitu data primer dan data sekunder. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Data Primer : data primer adalah data yang didapatkan langsung dari lapangan ataupun laboratorium yang diolah oleh organisasi ataupun perseorangan. Data ini dapat diperoleh melalui wawancara, angket, ataupun observasi. Contoh : petugas sensus penduduk yang mendatangi tiap-tiap rumah.
  • Data Sekunder : data sekunder adalah data yang diperoleh dari pihak lain. Artinya data tersebut tidak diperoleh secara langsung, tetapi melalui pihak-pihak lain. Contoh : data mengenai penduduk Indonesia tahun 2010 bisa kita dapatkan dari pemerintah.

2.Jenis Data Menurut Sifatnya
Menurut sifatnya data dapat dibedakan menjadi 2, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua jenis data tersebut.

  • Data Kualitatif : data kualitatif adalah data yang tidak dalam bentuk angka. Contoh : lingkungan kumuh akibat adanya bangunan liar.
  • Data Kuantitatif : data kuantitatif adalah data yang dalam bentuk angka. Contoh : 80% warga Indonesia beragama Islam.

3.Jenis Data Menurut Sumbernya
Menurut sumbernya data dapat dibedakan menjadi data internal dan data eksternal. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Data Internal : data internal adalah data yang menggambarkan keadaan didalam suatu organisasi seperti perusahaan, departemen, ataupun negara. Contoh : data negara, seperti berapa luas negara, jumlah penduduknya, berapa pendapatan perkapita, dan lain-lain.
  • Data Eksternal : data eksternal adalah data yang menggambarkan keadaan di luar suatu organisasi. Contoh : Pendapat masyarakat tentang suatu perusahaan.

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian dan jenis-jenis data. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai data.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang bermanfaat dan menarik selanjutnya.


Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar