Pengertian Seni Menurut Para Ahli


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Seni Menurut Para Ahli and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Seni sangat sulit didefinisikan, karena kedalaman dan kompleksitas seni. Beberapa ahli mencoba untuk mendefinisikan seni agar lebih mudah untuk dipahami oleh masyarakat awam. Berikut adalah pendapat para ahli mengenai pengertian seni


Pengertian Seni Menurut Para Ahli

1.Ensiklopedia Indonesia
Seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena keindahan bentuknya, orang senang melihat atau mendengar.

2.Ki Hadjar Dewantara
Seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa dan perasaan manusia.

3.Achdiat Kartamihardja
Seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan realtias ke dalam suatu karya. Bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam batin penerimannya.

4.Aristoteles
Seni adalah peniruan bentuk alam dengan kreativitas dan ide penggubahnya agar lebuh indah.

5.Leo Tolstoy
Seni adalah suatu kegiatan manusia yang secara sadar dengan perantara tanda-tanda lahiriah tertentu menyampaikan perasaan-perasaan yang telah dihayatinya kepada orang lain (penerima) sehingga ikut merasakan perasaan-perasaan seperti yang penggubah alami.

6.Schopenhauer
Seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Meskipun musik adalah seni yang paling abstrak, tapi tiap orang menyukainya.

7.Thomas Munro
Seni adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya. Efek-efek tersebut mencakup segala tanggapan yang berwujud pengamatan, pengenalan, imajinasi yang rasional maupun emosional.

8.Alexander Baum Gurton
Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

9.Immanuel Kant
Seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

10.Sudarmaji
Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

11.Drs. Popo Iskandar
Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/bereklompok

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian Seni Menurut Para Ahli. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai seni.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar