Perbedaan Bendera Indonesia dengan Bendera Monako


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Perbedaan Bendera Indonesia dengan Bendera Monako and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Hasil gambar untuk perbedaan bendera indonesia dan monaco
Perbandingan Bendera Indonesia dengan Bendera Monako
Mungkin anda pernah melihat beberapa bendera negara lain yang memiliki kemiripan dengan Bendera negara kita Indonesia. Salah satunya yang terkenal adalah Bendera Negara Polandia dimana benderanya memiliki corak warna Putih - merah hampir sama dengan bendera Indonesia yang memiliki corak warna merah - putih. Namun,mungkin saja anda sudah pernah melihat bendera yang memang sangat mirip dengan Bendera Negara Indonesia yaitu Bendera Negara Monako yang memang sama - sama memiliki corak warna merah - putih. Monako sendiri merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa Barat dan memiliki sistem pemerintahan semi - konstitusional dimana kepala negara nya adalah Pangeran Monako dan kepala pemerintahannya adalah Menteri Negara. Lalu apa yang menyebabkan perbedaan antara bendera negara kita Indonesia dengan bendera negara Monako ? Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya dibawah ini :


Perbedaan antara bendera Negara Indonesia dengan bendera Negara Monako hanya terletak pada rasio panjang dan lebar bendera,dimana bendera Negara Indonesia memilki rasio 2:3 sedangakan pada bendera Negara Monako memiliki rasio 4:5. Jadi bisa disimpulkan sebagai berikut :

Rasio Bendera :
*Bendera Indonesia 2:3
*Bendera Monako 4:5

Lalu mungkin anda bertanya jadi siapa yang terlebih dahulu memakai warna merah dan putih untuk bendera nya? apakah Indonesia apakah Monako?

Menurut berbagai sumber yang pertama kali memakai bendera berwarana merah putih adalah Indonesia tepatnya pada masa kerajaan majapahit dimana kerajaaan majapahit sendiri berdiri pada tahun 1293,sedangkan Monako mulai menggunakan corak merah putih pada tahun 1339.

Namun bukan berarti negara Monako mencuri corak warna bendera kita BUKAN ataupun sebaliknya. Tiap-tiap negara pasti mempunyai sejarah dan alasan sendiri memakai sebuah bendera,sehingga bukan mencuri dari negara lain. Lagipula tetap terdapat perbedaan yaitu perbedaan rasio panjang dan lebar.

Nah,sebaiknya jika hormat kepada bendera negara Indonesia sebaiknya dipastikan dulu rasionya agar kita tidak salah dan malah menghormati bendera negara lain

Sebagai tambahan Negara Monako secara resmi menggunakan bendera bercorak warna merah putih pada tanggal 4 April 1881,sedangkan Indonesia secara resmi menggunakan bendera bercorak warna merah putih pada tanggal 17 Agustus 1945 yaitu di hari kemerdekaan kita. Walaupun begitu berdasarkan sejarah Kerajaan majapahit yang merupakan kerajaan di Indonesia lebih dahulu menggunakan corak warna merah putih

Sebaiknya hal seperti ini tidak perlu diperdebatkan toh,kedua negara juga tidak mempermasalahkan soal kemiripan bendera .

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai perbedaan antara bendera Indonesia dengan bendera Negara Monako. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian dalam mengetahui perbedaan antara bendera Indonesia dengan bendera Monako. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel - artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar